Terkait Vonis 1 Tahun, Hakim Putuskan Sesuai Tuntutan Jaksa Penuntut Umum

Juru Bicara Pengadilan Negeri Pelaihari, Poltak, SH menambahkan, dengan adanya pemberitaan dimedia massa dan media sosial terkait perkara tersebut, banyak sekali komentar para netizen yang negatif dan kurang membangun, sehingga hal tersebut harus pihaknya luruskan.

Dijelaskannya, Pengadilan Negeri Pelaihari telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan amanat Undang – Undang.
Perlu diketahui perkara tersebut adalah perkara anak, perkara yang diatur dalam Undang – Undang sistem peradilan anak, yaitu Undang – Undang No 11 tahun 2012.

Undang – undang tersebut memang mengatur secara rinci tertib acaranya, dimulai dari pelaku atau terdakwanya yang merupakan anak – anak yang belum berumur 18 tahun.

” Kalau masalah materi perkara kami tidak memiliki wewenang, yang dapat kami sampaikan disini bahwa PN Pelaihari melalui majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara tersebut memang telah menerapkan prinsip beracara sebagaimana diatur dalam sistem undang – undang peradilan pidana anak ” ucap Poltak.

Kalau dengan adanya putusan tersebut kemudian terdapat kekecewaan dari korban dan keluarganya hal tersebut merupakan hal yang manusiawi.
Tetapi yang perlu dipahami oleh warga masyarakat, terutama netizen bahwa jangan langsung terprovokasi bahwa pengadilan ada apa-apanya.
” Inilah yang dapat kami sampaikan sebagai hak jawab kami, agar netizen bisa lebih bijaksana dalam bermedia sosial, bagaimana mereka dalam membaca suatu berita, bagaimana mereka mendapat suatu informasi, bagaimana mereka menanggapi itu ” tutup Poltak.

Penulis : Tony Widodo

Pos terkait

banner 468x60