KPU Kalsel Usulkan APD Petugas Ke Dewan Kalsel

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Mencegah penularan Covid-19 yang merambah Kalimantan Selatan (Kalsel) saat Pemilihan Umum (Pemilu) berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) ajukan permohonan Alat Perlindungan Diri (APD) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (DPRD Kalsel).

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Sarmuji mengatakan keperluan APD tersebut, tidak lain dalam rangka mengantisipasi setiap petugas yang bekerja agar tidak tertular Covid-19.

“Kami sudah ajukan kepada Dewan agar disediakan APD untuk petugas,” ucapnya, Selasa (9/6).

Ia menjelaskan pihaknya hanya meminta pengadaan barangnya saja, bukan dalam bentuk nominal, dikarenakan mengingat situasi saat ini sudah mulai berjalan, sehingga aoan mengalami keterlambatan.

“Kalau kami yang melakukan pengadaan sedikit susah, jadi kami minta barang saja, karena Tim Gugus Tugas lebih mudah pengadaannya,” katanya.

BACA JUGA:  Sebelum Tanding, PS Barito Putera Minta Doa Restu Kepada Guru Zuhdi

Selain itu, KPU Provinsi Kalimantan Selatan juga melakukan pengajuan penambahan anggaran sekitar Rp 5,5 Milyar untuk penambahan hal yang tidak terduga, seperti Pemungutan Suara Ulang (PSU), Santunan, dan honor petugas.

“Kita juga mengusulkan untuk pengadaan masker untuk pemilih dan perlengkapan lainnya sesuai Protokol Kesehatan,” bebernya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad mengatakan ditengah situasi seperti ini, pada prinsipnya Komisi memperjuangkan kepada petugas dan pemilih mendapatkan fasilitas untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Komisi I setuju pengadaan anggaran tersebut,” ucapnya.

Pihaknya juga sudah melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terkait pengadaan APD yang sesuai dengan standar kesehatan.

Lanjutnya, KPU dan Bawaslu meminta pengadaan dalam bentuk barang, dikarenakan waktu yang memenuhi apabila dalam bentuk nominal.

BACA JUGA:  Bawaslu Banjarmasin Pinta Panwaslucam Agar Lakukan Ekspose Setiap Kegiatan

Penulis/foto : Aditya

Pos terkait