Sekolah dan Gedung Serba Guna Jadi Tempat Isolasi

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Amuntai – Hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) hingga Kamis (30/4) sudah menyiapkan tempat isolasi bagi warga yang berstatus ODP atau Orang Dengan Pengawasan.

Tempat isolasi yang ditetapkan tim gugus tugas kecamatan lebih banyak mengarah ke gedung-gedung sekolah yang saat ini tengah sepi karena para siswa belajar dirumah ditengah wabah Covid 19.

Sebagian kecamatan lagi menetapkan gedung serba guna sebagai tempat isolasi dengan  fasilitas di drop dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Masing-masing kecamatan mendapat bantuan fasilitas tempat tidur sebanyak 10 unit dan sprei, perlengkapan mandi seperti sabun, sikat gigi, odol, handuk dan dispenser untuk minum.

BACA JUGA:  Polda Kalsel Sabet Penghargaan dari Kanwil Dirjen Perbendaharaan

Kepala BPBD yang sekaligus ketua harian gugus tugas percepatan penanganan COVID 19 Kabupaten HSU, Sugeng Riyadi di Amuntai, Senin (4/5) mengatakan, sebelumnya pihak mendata dan meninjau langsung lokasi yang ditetapkan sebagai tempat isolasi.

“Kita data dulu, kemudian kita salurkan bantuan fasilitas dan peralatan seperti kasur, ranjang dan sebagainya,¬† ” ujar Sugeng.

Namun berdasarkan pemantauan dilapangan, seluruh tempat isolasi belum ada warga yang menempatinya.

Ketua bidang kesehatan gugus tugas P3 COVID 19, Agus Fidliansyah mengatakan, sebagian besar ODP melakukan isolasi mandiri karena pada saat itu belum semua tempat isolasi disiapkan dikecamatan.

“Setelah tiba dari perjalanan daerah lain yang berstatus zona merah, maka warga bersangkutan harus memeriksakan diri ke puskesmas yang selanjutnya melakukan isolasi selama 14 hari sesuai masa inkubasi virus COVID 19,” terangnya.

Pos terkait