Hati-hati !, Ini Tanda Keuanganmu Tidak Sehat

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Memiliki uang  yang cukup untuk segala keperluan merupakan dambaan setiap orang. Namun, sangat jarang orang yang memperhatikan secara serius manajemen keuangan pribadinya, sehingga mereka tidak tahu apakah kondisi keuangannya sehat atau tidak.

Berikut ini, wartaniaga.com merangkumkan dari beberapa sumber, apa saja tandanya yang menunjukan keuanganmu sedang tidak sehat

Pertama, tidak punya catatan keuangan. Ini hal yang paling mendasar, adanya catatan keluar masuknya keuangan dapat menjadi  kontrol  kesehatan pulusmu. Kamu dapat memantau kesehatannya lewat catatan ini, jika sakit tandanya harus ada kebiasaan yang diubah dari transaksi keuanganmu.

Kedua, memiliki hutang lebih dari 30 persen kebutuhan konsumtif. Ingat !, gaji atau pendapatanmu setiap bulan bukan untuk kebutuhan konsumtif semua, pakar keuangan membaginya 4 bagian.

BACA JUGA:  5 Bisnis dengan Modal tidak Lebih dari Rp 1 juta

Misalnya, kamu memiliki gaji Rp 10 juta perbulan maka, 35 % untuk konsumtif, 30 % untuk investasi atau menabung, 30 persen untuk bayar hutang dan sisanya 5 persen untuk sosial atau sadoqah. Nah, jika kamu memiliki hutang lebih dari 30 persen tandanya kesehatan keuanganmu perlu diperiksa.

Pos terkait