Bantu PMI Banjarmasin, KKB Gelar Donor Darah

  • Whatsapp

Wartaniaga.Com,Banjarmasin- Situasi cukup sulit dialami Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin saat ini. Selain kekurangan stok darah, UTD PMI juga kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) di saat pandemi Covid-19.

Sepinya pendonor darah juga disebabkan karena pandemi Covid-19 yang hingga saat ini tak kunjung reda, dimana banyak kegiatan kerjasama donor darah dengan berbagai instansi, lembaga atau perusahaan dibatalkan.

Menyiasati hal tersebut, Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat bekerjasama dengan PMI Banjarmasin, melaksanakan kegiatan donor darah secara internal dengan jumlah pendonor terbatas, di kantor sekretariat KKB, jalan Perdagangan, Banjarmasin Utara, Senin (6/4).

Setiap sesi, ada 4 orang yang diambil darahnya di sebuah ruangan yang cukup luas. Sementara, pendonor lain menunggu giliran dengan jarak berjauhan.

BACA JUGA:  Tangkal Penyebaran Covid-19, Pemprov Kalsel Bersinergi dengan Pemerintah Pusat

Waktu yang disediakan pun cukup panjang, dari pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang, sehingga pendonor datang tidak bersamaan, dan tak terjadi penumpukan orang.

Ketua Harian KKB Pusat, Hairudinor, mengatakan, aksi ini terkait dengan berkurangnya stok darah di PMI Kota Banjarmasin. Sehingga, KKB  pusat mengimbau warganya untuk melakukan kegiatan donor darah.

“Meski demikian, donor darah ini kita lakukan dengan jumlah terbatas, yang penting tujuan kita untuk membantu PMI  menambah stok darah yang kurang,” jelasnya.

Pos terkait