Perusahan Mesti Melek, Transformasi Digital Tak Hanya Soal Teknologi Modern

  • Whatsapp
Perusahan Mesti Melek, Transformasi Digital Tak Hanya Soal Teknologi Modern

Wartaniaga.com, Jakarta – Pengamat Kebijakan Publik, Universitas Trisakti Jakarta, Profesor Trubus Rahardiansyah menyebut banyak perusahaan menyalahartikan transformasi digital dengan hanya melibatkan teknologi modern.

Ia menilai hal ini dilihat dari faktanya, transformasi digital butuh lebih dari persoalan teknologi semata.
Seperti dikutip dari survei yang dilakukan oleh MIT Sloan Management Review dan Deloitte (10/02), hampir 90 persen para pebisnis sadar dan mengantisipasi tren digital yang akan berpengaruh terhadap industrinya.

Akan tetapi, hanya 44 persen yang cukup siap menghadapinya.

“Ini sangat selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Digital Banking Report, di mana hanya 12 persen organisasi perbankan menganggap pihaknya cukup mumpuni dalam transformasi digital,” bebernya.

BACA JUGA:  Prof Trubus Sebut 5 Kebijakan Pemerintah Merugikan Masyarakat

Melek Transformasi Digital

Trubus berasumsi, alasan mengapa sebagian besar bank dan perusahaan kredit terseok-seok beradaptasi adalah kompleksnya instrumen adaptasi yang harus disiapkan perusahaan.

Lanjutnya, tak hanya sistem perbankan digital yang harus ditingkatkan, tetapi struktur bisnis, operasional, kapasitas pegawai, budaya kerja, dan kepemimpinan yang semuanya harus selaras.

“Seperti kata Gerald C. Kane, seorang Profesor Sistem Informasi dari Boston College‚Äôs Carroll School of Management mengatakan pada The Financial Brand penting bagi sebuah perusahaan memiliki toleransi risiko,” paparnya.

Pos terkait