Menteri PPN/Kepala Bappenas Bahas Kerjasama Ekonomi Bersama Duta Besar Perancis

  • Whatsapp
Kepala Bappenas Bahas Kerjasama Ekonomi Bersama Duta Besar Perancis
Wartaniaga.com,Jakarta- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kerjasama di Indonesia. Salah satu yang diajak untuk bekerja sama ialah Perancis.
Oleh karena itu, pada Jumat (14/02/2020) sore hari, Menteri Suharso menerima kunjungan dari Duta Besar Perancis untuk Indonesia Oliver Chambard di Kantor Kementerian PPN/Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat.
Pertemuan Menteri Suharso dengan Dubes Perancis secara umum membahas tentang progress kerjasama pembangunan bilateral dan potensi kerjasama untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Kerjasama Ekonomi Bersama Duta Besar Perancis

Selain itu, antara Menteri Suharso dengan Dubes Oliver Chambard juga membicarakan tentang fasilitas pendanaan yang ditawarkan oleh Pemerintah Perancis. Dalam hal ini, Dubes Oliver Chambard menyebut jika Pemerintah Perancis menawarkan dua skema fasilitas pendanaan, yakni pinjaman concessional serta pinjaman pinjaman non-concessional.
Kepala Bappenas Bahas Kerjasama Ekonomi Bersama Duta Besar Perancis2
“Skema pendanaan yang Pemerintah Perancis tawarkan ialah untuk pembiayaan teknologi informasi dan komunikasi, lingkungan hidup terutama cuaca dan iklim, serta infrastruktur transportasi,” ujar Dubes Oliver Chambard.
Selain itu, Dubes Oliver Chambard juga membawa pesan dari Agence Francaise de Developement (AFD) untuk menawarkan juga fasilitas kerjasama.
Kepala Bappenas Bahas Kerjasama Ekonomi Bersama Duta Besar Perancis3
“Fasilitas kerjasama ini berupa  pinjaman proyek, pinjaman program, pinjaman langsung kepada BUMN (Keuangan dan Non Keuangan) dan sektor swasta, dan hibah Technical Assistance,” lanjut Dubes Perancis.
“Kami juga fokus menawarkan kerjasama di bidang green urban infrastructure (transportasi publik, air bersih dan sanitasi), energi terbarukan, riset, dan sektor kemaritiman terutama terkait Blue Ocean Economy seperti pelabuhan untuk perikanan,” tutup Dubes Oliver Chambard.

Sumber : Tim Komunikasi Publik Kementerian PPN/Bappenas
Editor : Erwand
BACA JUGA:  Fintech Mobilisasi Dana Masyarakat ke Sektor Produktif

Pos terkait