Tanah Laut Kembangkan Objek Wisata Susur Sungai dan Bekantan

  • Whatsapp
Tanah Laut Kembangkan Objek Wisata Susur Sungai dan Bekantan

Wartaniaga.com, Pelaihari- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Laut mengharapkan objek wisata susur Sungai dan Bekantan Desa Penjaratan Tanah Laut dapat lebih dikembangkan.

Wakil Ketua DPRD Tanah Laut, H Atmari mengatakan destinasi alam seperti ini perlu lebih dieksplor agar dapat menarik minat wisatawan dalam menikmati keindahan alam susur sungai, apalagi ditambah dengan pepohonan yang rindang menambah suasana asri khas kepulauan tropis.

“Mengingat salah satu primata kebanggaan Kalimantan yaitu Bekantan yang terdapat disepanjang perjalanan susur sungai nemambah nilai tersendiri,” ucapnya saat melakukan kunjungan di desa Penjaratan Tanah Laut, Jumat (03/01).

Objek Wisata Susur Sungai dan Bekantan

Selain primata Bekantan atau hewan berhidung panjang, terdapat juga beberapa hewan yang menghuni kawasan hutan seperti kera dan burung.

BACA JUGA:  Muspika Amuntai Selatan Sosialisasikan New Normal

Lanjutnya perlu adanya kolaborasi antara Dewan, Dinas Pariwisata dan Gahipbta Tanah Laut untuk saling bekerjasama agar objek wisata susur sungai dan bekantan menjadi destinasi wisata unggulan.Tanah Laut Kembangkan Objek Wisata Susur Sungai dan Bekantan2

“Kita sangat bangga dengan wisata susur sungai dan bekantan yang mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri, kita harus kembangkan agar kelestarian alam dan Bekantan tetap terjaga,” beber Atmari.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Tanah Laut, Edi Porwanto mengatakan, objek susur sungai dan bekantan desa Panjaratan bisa dikatakan luar biasa, karena salah satu primata ikon Kalimantan Selatan yakni Bekantan ada di Tanah Laut.

“Kita hanya perlu sedikit renovasi dan sarana pendukung lain agar pelayanan dan kenyamanan pengunjung bisa lebih maksimal sehingga menjadi wisata ekonomi kreatif yang ada di Tanah Laut,” paparnya.

BACA JUGA:  Upaya Tak Ada PSBB, Pemkab Tala Berencana Rapid Test Besar-Besaran

Ia menginginkan kepada pihak pengelola agar kedepan bisa dibangun tempat-tempat kuliner di sekitar ojek wisata yang di kelola oleh warga sekitar, sehingga bisa meningkatkan pendapatan warga sekitar.

“Kalau tempat kuliner ada, dan dikelola oleh masyarakat, pastinya roda ekonomi masyarakat akan meningkat dan memberi dampak yang positif,” tegasnya.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Aditya
Foto : Tony

Pos terkait