Lewat Perjusami, Lanal Banjarmasin Berbagi Pengetahuan Kemaritiman

  • Whatsapp
Lewat Perjusami, Lanal Banjarmasin Berbagi Pengetahuan Kemaritiman3

Wartaniaga.com, Pelaihari – Pangkalan TNI AL ( Lanal ) Banjarmasin ajak para generasi muda agar lebih mencintai dan menambah ilmu pengetahuan tentang kemaritiman,(05/01).

Sebanyak 97 orang anggota pramuka Saka Bahari dan pecinta Saka Bahari yang berasal dari sejumlah daerah mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu ( Perjusami ) bersama Lanal Banjarmasin di pantai Batakan.

Kepala Urusan Pembinaan dan Kemampuan Potensial Maritim ( Kaurbinpuan ) Lanal Banjarmasin, Kapten ( P ) Bambang Hariyanto mengatakan, kegiatan dimulai sejak tanggal 03 Januari 2020 dan dibuka secara langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Kolonel Laut ( P ) Sandharianto, di Banjarmasin.

97 orang peserta putra dan putri tersebut berasal dari beberapa daerah, yakni dari Banjarmasin, Kapuas, Batakan dan Kintap.

BACA JUGA:  Pelaporan Bupati Balangan Disinyalir Ada Unsur Politik

Lanal Banjarmasin Berbagi Pengetahuan Kemaritiman

Beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan pada Perjusami tersebut, antara lain pengetahuan mengenai berbagai macam krida – krida yang ada didalam Saka Bahari baik itu sumber daya alam, sumber daya kebaharian, tentang kemaritiman.

Lanjutnya, seperti tali temali, bagaimana mendayung perahu karet, morse, alat selam dan bagaimana pengelolaan sumber daya alam laut yakni bagaimana cara pembuatan krupuk ikan dan udang, pembuatan jaring, ikan kering dan sebagainya.

Lewat Perjusami, Lanal Banjarmasin Berbagi Pengetahuan Kemaritiman2

” Ada 16 orang anggota Lanal Banjarmasin dan 8 orang dari Kwarda dan Kwarcab yang mendampingi peserta,” tutup Bambang.

Seorang peserta dari Banjarmasin, Agustina merasa sangat senang bisa mengikuti kegiatan Perjusami tersebut, karena banyak hal yang bisa dia dapatkan, teutama saat dirinya mengikuti kegiatan pembuatan amplang ( krupuk ) ikan, pengetahuan seperti itu tentu saja tidak akan didapatkannya di sekolah.

BACA JUGA:  Hatrick, Polres Tala Raih Predikat Terbaik 1 Satker Skala Besar

“Ilmu yang kami dapat disini nantinya mungkin bisa kami terapkan dirumah atau dilingkungan kami, sehingga bisa menjadi usaha tersendiri yang bisa menjadikan pendapatan,” tutur Agustina.

Senada dengan Agustina, Yanda Ayla Nabila, peserta yang berasal dari desa Panyipatan, dirinya yang tergabung dalam pecinta Saka Bahari merasa bersyukur, dengan kegiatan Perjusami tersebut bisa menjadi ajang silaturahmi dan menambah saudara.

Menurutnya kegiatan itu bisa saling bertukar informasi mengenai daerah masing-masing, selain itu rangkaian kegiatan yang diadakan bisa menjadikan dirinya dan rekan-rekannya lebih mengenal mengenai kemaritiman.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut, agar semakin bayak para generasi muda yang mengenal dunia Bahari,” tutup Yanda.

BACA JUGA:  Kapolres Tala Periksa Sapras, Pastikan Siaga Saat Diperlukan

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony Widodo

Pos terkait