Lama Mati Suri, Hari ini Pasar Terapung Kuin Alalak Bangkit Kembali

  • Whatsapp
Pasar Terapung Kuin Alalak Bangkit Kembali

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Floating Market, atau yang lebih dikenal dengan Pasar Terapung yang dulunya berada di Muara Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara akhirnya hidup lagi, setelah beberapa waktu lamanya mengalami mati suri.

Bangkitnya pasar tradisional yang melambangkan denyut nadi masyarakat Banjar tempo dulu merupakan kerja maksimal oleh jajaran Pemko Banjarmasin yang dalam hal ini pihak Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kalau era dulu letak pasar berada di kawasan dermaga penyeberangan Alalak, kini lokasinya berada tepat di Dermaga Makam Sultan Suriansyah, tak hanya letak, namanya pun turut dirubah menjadi Pasar Terapung Kuin Alalak.

Pasar Terapung Kuin Alalak Bangkit Kembali

Hari ini, pasar tersebut diresmikan oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. Ia berkeinginan hal ini merupakan ikhtiar menghidupkan kembali salah satu warisan budaya sungai Indonesia yaitu pasar terapung.

BACA JUGA:  Objek Wisata Bajuin Mulai Dibenahi Dinas Pariwisata Tanah Laut

Pasar Terapung Kuin Alalak Bangkit Kembali

“Pasar terapung adalah brandingnya Kota Banjarmasin artinya, ketika orang berbicara tentang pasar terapung atau floating market, maka pikiran mereka yaitu datang di Kota Banjarmasin,” ujar H Ibnu Sina disela peresmian,Sabtu (11/01).

Pos terkait