Warga Kelurahan Kuin Selatan Lakukan Budidaya Yumina

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kelurahan Kuin Selatan laksanakan pelatihan Budidaya Yumina guna meningkatkan produktivitas masyakarat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Adapun yang dimaksud dengan Budidaya Yumina adalah teknik budidaya yang memadukan antara ikan, dan sayuran, serta buah-buahan dalam satu tempat wadah.

Lurah Kuin Selatan, Mujiono SP mengatakaan pelatihan itu dilaksanakan agar masyarakat dapat menghasilkan sendiri sumber makanan yang sehat tanpa harus membeli lagi, terlebih lagi bisa dimanfaatkan untuk dijual, mengingat budidaya Yumina sangat bernilai ekonomis.

“Kalau ada budidaya sendiri pastinya menguntungkan bagi masyarakat itu sendiri,” ucapnya, Selasa (3/12).

yumina

Ia menjelaskan tidak hanya sekedar pelatihan saja yang diberikan kepada masyarakan akan tetapi menindaklanjuti langsung dengan pembuatan kolam terpal serta tong air yang diisi dengan ikan lele.

BACA JUGA:  KPU Evaluasi, Maraknya Pejuang Demokrasi yang Meninggal

Lanjutnya selain dengan ikan lele, ada juga ikan papuyu dan diatas kolam atau tong diberi tanaman sayuran yang digunakan masyarakat sehari-hari.

Keberhasilan Budidaya Yumina

Ia mengakui saat ini sudah ada sebagian warga yang mulai menjalankan budidaya Yumina dan kedepannya akan lebih dibina agar pencapaian keberhasilan benar-benar terukur.

“Kita juga akan anggaran dana kelurahan tahap selanjutnya untuk pengadaan alat, bibit ikan, pakan ikan, hingga tanaman sayuran untuk budidaya Yumina,” tegasnya.

Reporter : Aditya
Editor : Erwand
Foto : Aditya

Pos terkait