Najwa Shihab Jelaskan Pentingnya Literasi Kaum Millineal

  • Whatsapp
najwa

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab menilai banyak persepsi yang keliru dalam memahami kemampuan literasi. Pasalnya mayoritas masyarakat memandangnya hanya sebatas menghasilkan karya tulis dan melakukan kegiatan membaca saja.

Padahal menurut Najwa, literasi tidak hanya sebatas itu namun tepatnya adalah kemampuan untuk menyerap informasi dan bagaimana cara mengolahnya menjadi hal yang berguna bagi peradaban.

“Jangan pernah membatasi informasi, kerena semua orang pasti akan berkembang secara terus menerus. Apa yang kita dapat hari ini, besoknya pasti akan ada informasi baru lagi,” ucap Najwa ketika Talk Show di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Kamis (5/12).

Bagi kaum milenial, Nazwa menjelaskan, harus lebih giat dan banyak membaca buku, serta jangan pernah merasa tidak percaya diri dalam mengembangkan potensi literasi yang ada dalam diri.

BACA JUGA:  Peduli Masyarakat, Polda Kalsel Gelar Bakti Kesehatan

“Lebih banyak membaca buku, maka informasi yang kita dapatkan akan lebih banyak dan akan menambah kepercayaan diri untuk menjadi seorang penulis yang baik,” ujarnya.

Terkait dengan kaum milenial, wanita yang kerap disapa Nana ini menyebut literasi zaman sekarang erat kaitannya dengan perkembangan teknologi digital. Dalam hal ini termasuk gawai atau smartphone.

najwa

Dengan canggihnya teknologi digital, mereka bisa mendapatkan informasi yang luas dan bahkan bisa memperoleh bahan bacaan yang bisa dijadikan referensi dalam hal memperluas wawasan.

Pentingnya Literasi Kaum Millineal

Namun ia tetap menekankan, membaca buku secara langsung adalah jendela informasi yang terbaik, dan akan memberi kesan tersendiri dibandingkan dengan gawai.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pengetahuan Radiologi, PSDRI Gelar Pertemuan

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel Nurliani Dardie mengungkapkan dengan membaca buku langsung memiliki rasa romantisme tersendiri dibandingkan lewat internet atau online.

Wanita yang akrab disapa Bunda Nunung ini mengatakan Provinsi Kalsel sangat beruntung bisa menghadirkan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab. “Itu karena adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap budaya literasi,” sambungnya.

Ia berharap dengan datangnya Nana ini bisa menambah minat bagi kalangan muda datang dan berkunjung untuk membaca buku ke Perpustakaan milik provinsi Kalimantan Selatan tersebut.

Penulis : Zakiri
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Zakiri

Pos terkait