Loading...
78 views

Kalsel Optimis Punya Rel Kereta Api

Rel Kereta Api
Loading...

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Melihat potensi wilayah Kalsel akan jadi poros utama perekonomian dari Ibu Kota Indonesia di Penajam, Kaltim nanti. Maka dalam hal ini, Pemprov Kalsel bersama SKPD se Kalimantan sepakat dengan adanya infrastruktur baru yaitu pembangunan rel kereta api.

Jelas, tak ingin ketinggalan dengan wilayah pulau lain, selain mempunyai bandara bertarap Internasional yang tinggal 90 persen akan selesai, dalam mendukung perekonomian Indonesia khususnya di Kalsel, Pemprov juga upayakan rel kereta api setelah infrastruktur yang memakan biaya besar ini rampung dengan segera.

Menurut Assisten I Bidang Pemerintahan, Siswansyah, memang insfrastruktur di Kalsel harus selalu ditingkatkan apalagi dorongan perkembangan teknologi juga perlu didukung oleh lintas sektor pemerintahan baik daerah maupun pusat. Maka dari itu, percepatan pembangunan di wilayahnya segera diselesaikan sesuai dengan target.

Pembangunan dari Infrastruktur Rel Kereta Api di Kalsel

“Progress Bandara juga 90 persen sudah hampir selesai, makanya kami bersama pemerintah lain meminta agar dibuatkan rel kerata api juga mengingat poros ekonomi di Kalsel sangat berpotensi,” ujarnya kepada Wartaniaga.com usai Upacara Peringatan Hari Bhakti Pekerjaan dan Perumahan Rakyat ke – 74, Selasa (03/12).

Ia mengungkapkan, keinginannya itu tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah daerah lain, bahkan, permintaan pembangunan rel kereta api ini untuk menunjukkan bahwa masyarakat Kalsel tidak ketinggalan dengan Ibu Kota sebelumnya.

“Jangan sampai kita ketinggalan seperti pulau jawa dan pulau lainnya, makanya kemarin pas pertemuan seluruh Gubernur se Indonesia, sudah diajukan dan tinggal menunggu pembangunan saja,” tuturnya.

BACA JUGA:  Momentum Hari Pahlawan, PPM Pusat Konsolidasi ke Kalsel

Siswansyah, mengungkapkan, bahwa Ibu Kota Negara (IKN) sudah ditetapkan di Kalimantan tepatnya di Kota Penjam, Kaltim. Sehingga Kalsel dinyatakan sebagai daerah penyanggah provinsi lain, hal ini lah yang mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di wilayahnya cepat merata seperti pembangunan rel ketera api yang akan dilalui lima provinsi sekaligus.

“Mudah-mudahan mimpi kita segera terwujud dengan adanya tranportasi baru yaitu ada fasilitas kereta api nantinya dan itu harus,” tegasnya.

Loading...

Sebelumnya, Ia menjelaskan, pembangunan dari infrastruktur rel kereta api di Kalsel, memang hasil dari wujud keinginan bersama dari Pemerintah Pusat yang bekerjasama dengan SKPD daerah di beberpa wilayah Kalimantan, agar perkembangan perekonomian sebagai wilayah penyanggah Ibu Kota Negara Indonesia (IKN) tetap terus memberikan nilai lebih untuk provinsi lainnya.

BACA JUGA:  Para Tokoh Ajak Perangi Anarkis, Radikalis dan Terorisme

“Dan fasilitas ini bisa nantinya di nikmati beberapa provinsi lain seperti Kalsel, Kalteng, Kalbar dan Kaltim apabila rel kereta sudah selesai di bangun,” tutupnya.

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *