Libur Panjang, Pemudik Bawa Kendaraan ke Jawa Meningkat

  • Whatsapp
Pelabuhan Trisakti
L

Wartaniaga.com,Banjarmasin- Libur lebaran yang lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya rupanya membawa berkah  bagi para pengusaha jasa ekspedisi jasa transportasi. Betapa tidak, dibandingkan tahun sebelumnya, tahun ini masyarakat yang membawa serta kendaraannya untuk mudik khsusunya ke pulau jawa meningkat lebih dari  100 persen.

Menurut Endang Sudarmawati, salah seorang pelaku jasa ekspedisi ini, sejak sebulan sebelum Ramadhan masyarakat mulai bertanya-tanya jadwal dan  meminta bantuan pihaknya untuk menyeberangkan kendaraan.

Muat Lebih

“ Iya, sejak sebelum bulan puasa sudah banyak konsumen kami yang berpesan untuk jadwal penyeberangan khsusunya untuk roda empat” tutur pemilik PT Paras Anugerah Sejahtera kepada wartaniaga.com

BACA JUGA:  Ini Cara yang Dilakukan PT DLU Mengurai Kepadatan Pemudik

Endang menambahkan meningkatnya permintaan masyarakat ini dikarenakan libur panjang lebaran yang juga bertepatan dengan libur kenaikan sekolah.

“ Libur lebaran yang bersamaan dengan libur sekolah  yang cukup panjang menjadi alasan mengapa banyak masyarakat yang mudik membawa kendaraannya”  ungkap wanita yang juga pemilik usaha katering ini.

Meski tidak memaparkan harga, diakuinya setiap menjelang lebaran selalu ada kenaikan walau tidak begitu besar dan masih bisa dinegosiasikan.

“Menjelang lebaran  umumnya naik sekitar 15 sampai dengan  20  persen”  bebernya seraya menambahkan harga itupun masih bisa turun sesuai kesepakatan dengan konsumen.

Senada dengan Endang, Sri Etha juga mengungkapkan hal yang sama. Dirinya mengakui  tahun ini terjadi peningkatan pesanan  menyeberangkan mobil dan sepeda motor ke Surabaya, Semarang dan Jakarta.

BACA JUGA:  Saham Consumer Goods Pilihan Aman Saat Rupiah Lemah

“ Alhamdulillah, orderan meningkat dibulan Ramadhan ini. Dan kami juga telah mendapatkan pesanan hingga H-1 lebaran” ujar wanita yang sudah puluhan tahun menangani usaha ini.

Bahkan, sambung Etha, berbeda dari tahun lalu,  tahun ini harus pesan lebih dahulu, jika tidak bisa-bisa tidak mendapatkan tiket. “ Bisa jadi karena banyaknya masyarakat yang ingin membawa mudik kendaraannya”  bebernya.

Penulis : Didin Ariyadi

Foto : Dokumentasi wartaniaga.com

 

L

Pos terkait