Jelang Pilkades Serentak di Tala, Berbagai Kalangan Matangkan Persiapan

  • Whatsapp
pelaihari1

Wartaniaga.com, Pelaihari – Berbagai kalangan melakukan persiapan menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades ) serentak di 52 Desa yang ada di Kabupaten Tanah Laut.

Persiapan tersebut tampak dilakukan pada masing – masing kantor desa yang menjadi tempat penyimpanan logistik surat suara dan sekaligus menjadi Tempat Pemilihan Suara ( TPS ) pada hari H nanti.

jelang pilkada kepala desa

Pantauan wartaniaga.com saat bertandang ke Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari, tampak beberapa personil keamanan dari TNI, Polri, Satpol PP, Linmas dan aparat desa sedang berjaga – jaga di kantor desa tempat penyimpanan surat suara.pelaihari2

Babinsa Desa Panggung, Serka Zainal Arifin mengatakan situasi sejak pukul 11.00 Wita, logistik surat suara sampai ke kantor desa hingga saat ini sangat kondusif, tidak ada gangguan yang berarti.

BACA JUGA:  Reses Bang Dhin, Warga Kuranji Keluhkan Banjir dan Krisis Air

Ia berharap situasi tersebut bisa berlangsung hingga selesai semua rangkaian kegiatan Pilkades.
” Kami dari TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas akan siap 24 jam mengawal semua proses Pilkades dari awal hingga akhir,” tegas Zainal .

Sekertaris Desa Panggung, Suparmin menambahkan untuk Desa Panggung akan ada 2 TPS, karena jumlah DPT lebih dari 3000 orang, dari 52 Desa yang melaksanakan Pilkades hanya Desa Panggung dan Desa Sungai Riam yang menggunakan 2 TPS.

Dijelaskannya, seluruh kegiatan Pilkades dilaksanakan oleh Panitia Pilkades, pihak desa hanya memfasilitasi tempat.

“Untuk keamanan logistik kita dibantu 4 personil dari Polri, 3 personil dari TNI, 2 personil dari Satpol PP dan 4 personil dari Linmas,” tambah Suparmin.pelaihari3

BACA JUGA:  Camat Kuranji Lepas Peserta Khataman Massal Tingkat Kabupaten

Situasi yang tidak jauh berbeda juga terlihat di Desa Ambungan, Kecamatan Pelaihari, nampak para personil keamanan tetap siaga, walaupun begitu mereka tetap melaksanakan ibadah di sela – sela pengamanan.

Petugas Linmas desa Ambungan, Suwarto mengatakan, dirinya bersama rekannya sudah sejak tanggal 9 Desember tidur di kantor desa guna memastikan keadaan tetap aman sampai akhir pelaksanaan Pilkades.

“Saya sudah 2 hari tidur di kantor desa, untuk memastikan semua aman,” tutur Warto.

Di desa Ambungan sendiri cuma ada satu TPS yang letaknya di depan kantor desa.
Untuk desa Ambungan disiagakan 2 personil dari TNI, 2 personil dari Polri, 1 personil Satpol PP dan 4 personil Linmas.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony Widodo

Pos terkait