Damkar Manggala Agni Dilatih Kodim 1009/Pelaihari

  • Whatsapp
kodim

Wartaniaga.com, Pelaihari – Guna mengevaluasi kinerja para personilnya, Manggala Agni adakan kegiatan kesamaptaan di lapangan Komando Distrik Militer (Kodim) 1009/Pelaihari. Jumat 13/12/2019.

Tim Supervisi dari Balai Pengendalaian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan ( BPPIKHI ) Wilayah Kalimantan Selatan, Rela Pambudi, mengatakan, kegiatan kesamaptaan tersebut merupakan salah satu bagian dari beberapa rangkaian kegiatan lain yang dilaksanakan oleh Manggala Agni guna mengevaluasi kinerja para personilnya.

“Kegiatan seperti ini rutin kita laksanakan setahun sekali,” jelas Pambudi.

Sekertaris Daops Manggala Agni Tanah Laut, Sufie Bhaskara menyebutkan, seluruh personil Manggala Agni yang berjumlah 57 orang hadir untuk mengikuti kegiatan kesamaptaan tersebut.

“57 orang tersebut dibagi kedalam empat regu ” ucap Sufie.

BACA JUGA:  LP Amuntai Gelar Isra Mi'raj Nabi Muhammad

Sufie menambahkan, sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan tes tertulis kepada seluruh personil, dilanjutkan dengan kegiatan kesamaptaan dan selanjutnya akan dilaksanakan tes wawancara. Markas Manggala Agni sendiri berada di Km 8, Gunung Kayangan, Ambungan, Pelaihari.

kodim

“Wilayah kerja kami ada 5 Kabupaten, Tanah Laut, Tapin, Balangan, Hulu Sungai Utara dan Tabalong,” ujarnya.

Sementara itu, satu-satunya wanita yang menjadi personil Manggala Agni, Mia Janiarti, mengatakan dirinya bergabung di Manggala Agni sejak tahun 2018, dalam kegiatan evaluasi kinerja kesamaptaan tersebut, baik dirinya ataupun peserta laki- laki diperlakukan sama, namun untuk porsi hitungan mungkin agak lebih sedikit dibanding laki-laki.

kegiatan kesamaptaan di lapangan Komando Distrik Militer (Kodim) 1009/Pelaihari

“Dengan kegiatan seperti ini tentunya bisa semakin menambah kemampuan kami dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Manggala Agni,” tutur Mia.

BACA JUGA:  Polres HSU Gelar Pasukan dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak 2021

Adapun, anggota Kodim 1009/Pelaihari yang bertugas sebagai mentor dalam kegiatan tersebut, Sertu Syaiful Kohar mengatakan, ada beberapa point gerakan atau tugas yang harus dilakukan oleh para peserta, diantaranya push up, set up, lari dan lain-lain.

“Sebagai petugas pemadam kebakaran, fisik mereka harus kuat, karena itulah kita akan benar-benar seleksi mereka,” tegas Kohar.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony Widodo

Pos terkait