Buron Tiga Hari, Akhirnya Dua Perampok Alfamart Diringkus Polisi

  • Whatsapp
maling

Wartaniaga.Com,Banjarmasin- Setelah buron dari pengejaran polisi selama tiga hari Mulkani (23) dan Humaidi (21) yang merampok Alfamart Teluk Tiram pada Senin (2/12) lalu, berhasil diringkus polisi pada Jumat (6/12).

Awalnya Unit Reskrim Polsek Banjarmasin Barat di bantu Unit Jatanras Satuan Reskrim Polresta Banjarmasin meringkus tersangka Humaidi di kediamannya di daerah Kelayan A Banjarmasin Selatan. Menyusul tersangka Mulkani yang diringkus di didaerah Benua Anyar Banjarmasin Timur.

Dalam Gelar Ungkap Kasus yang dilaksanakan di Kantor Polsek Banjarmasin barat, Senin (9/12) Kapolresta Banjarmasin menyampaikan keduanya sudah memantau Alfamart Teluk Tiram sejak dua hari sebelumnya. “Jadi sebagaimana keterangan tersangka, dia pada hari Sabtu sebelumnya melihat di kasir ada setumpuk uang, dan akhirnya tergiur kemudian mempelajari dan melakukan perencanaan perampokan”. Ungkap Kombes Pol Sumarto.

BACA JUGA:  BNNP Kalsel Kesulitan Ungkap Kasus Narkoba Jaringan Lapas

menggasak puluhan juta hitungan hari diringkus

Akhirnya pada Senin sekitar pukul 22.30, Mulkani dan Humaidi menjalankan aksinya. Dari rekaman video CCTV, Mulkani yang bertubuh besar masuk kedalam Alfamart dan melakukan pengancaman kepada para karyawan. Sementara Humaidi bertugas menjaga didepan toko menggunakan kendaraan tipe matic yang disewanya dari orang lain dengan harga 100 ribu rupiah perhari.

Dua orang pengangguran ini lantas berhasil menggasak uang sebesar 38 juta rupiah setelah melakukan pengancaman kepada salah seorang karyawati. Karyawati yang sempat di todong oleh parang di leher dan belati di perut itu akhirnya membukakan brankas yang di minta Mulkani. Sementara dua orang karyawan lainnya yang ketakutan bersembunyi di toilet.alfa2

BACA JUGA:  2 PSK Asal Jawa dan 1 PSK Lokal Diamankan Satpol PP Banjarbaru

Saat kejadian salah satu karyawan Alfamart yang berhasil kabur sempat meminta pertolongan anggota kepolisian di Ditpolairud Polda Kalsel yang tak jauh dari lokasi. Namun saat petugas tiba disana kedua pelaku sudah berhasil melarikan diri.

Menurut keterangan pelaku uang hasil kejahatan itu mereka bagi dua. Tersangka Muliani memperoleh 18 juta sementara Humaidi 15 juta rupiah. “Lima juta rupiah digunakan untuk bayar hutang, dan dikasihkan ke istri” jelas Mulkani yang mengaku mantan Waiters.

Kombes Pol Sumarto menambahkan perampokan atau pencurian dengan kekerasan seperti ini merupakan yang pertama setelah lima tahun terakhir tidak terjadi. “makanya kita menaruh perhatian yang serius. Kita melakukan upaya tegas terukur dan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.” Ujar Perwira berpangkat melati tiga ini.

BACA JUGA:  Operasi Zebra Intan di Banjarbaru, Tilang 2.377 Pelanggar Lalin

Akibat perbuatannya kedua pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP Pidana dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Reporter / Foto : Muhammad Akbar
Editor : Erwand

Pos terkait