68 views

Kalsel Bisa Contoh Jogja Agro Tekno Park

Agro Tekno Park

Wartaniaga.com, Jogjakarta – Benar-benar mewujudkan dirinya menjadi yang pertama dalam memberikan edukasi tentang Pertanian , Perkebunan, Peternakan serta Perikanan dengan membangun Jogya Agro Tekno Park (JATP) di atas lahan 18,8299 HA.

Sebelumnya lahan tersebut hanyalah wadah perbenihan yang dibuat menjadi lahan edukasi agro park seluas 7,3 HA, lahan ini terletak di desa Wijimulyo Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulonprogo Jogjakarta.

“ Tempat ini akan kami pergunakan untuk pelatihan bagi petani, petugas dan masyarakat yang mau belajar tentang pertanian dan agro bisnis,” ujar Ir Suharto Budiono Kepala UPTD Balai Pengembangan Produksi dan Pengawasan Mutu Benih Tanaman Pertanian atau BP3MBTP kepada sejumlah wartawan yang ikut dalam Refresment Bank Indonesia di Jogjakarta, akhir pekan tadi.

Agro Tekno Park Merupakan Lahan Edukasi

Suharto juga menjelaskan, Jogja Agro Tekno Park merupakan lahan edukasi untuk masyarakat Indonesia yang ingin belajar dan memanfaatkan lahan sebagai peningkatan pangan.
Ia juga mengungkapkan Rp 45 miliar dari dana APBD Jogjakarta digelontorkan untuk tahap pertama pembangunan JATP ini.

“ Beberapa sayuran seperti tomat, terong, cabe sudah bisa dibeli di sini dengan menerapkan “wisata petik” dan harga sesuai dengan Pergub yang sudah ditetapkan,” tambah Yanti Harjanti Kepala Tata Usaha BP3MBTP saat mendampingi Kepala UPTD Ir Suharto Budiyono.
Pada kesempatan sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Dadi Esa Cipta mengungkapkan Jogja Agro Tekno Park dapat menjadi contoh bagi Kalsel karena masih banyak lahan yang dapat dimanfaatkan.

BACA JUGA:  PWI Pusat Temui Sekjen Kominfo Untuk Bahas HPN 2020

Agro Tekno Park Menjadi Contoh Bagi Kalsel

“ Kita berharap pengembangan JATP ini bisa diimplementasikan di Kasel, apalagi Kambing yang dikembangbiakan di sini berasal dari Kabupaten Tanah Laut dan berhasil mereka kembangbiakkan dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya saat didampingi Aryo Wibowo Manager Fungsi Pengembangan UMKM dan Romadhon Humas BI Provinsi Kalsel.

Dirinya berjanji akan membantu masyarakat yang ingin mengembangkan angro bisnis seperti ini. “Bank Indonesia siap memfasilitasi untuk kerja sama dengan masyarekat untuk pengembangan EDUPARK di Kalsel” pungkas Dadi.

Reporter : Edhy Dharmawan

Editor : Muhammad Zahidi

Foto : Edhy Dharmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *