120 views

Cerdaskan Kehidupan Bangsa, Pemkab Tala Bikin Desa Sahabat Keluarga

Desa Sahabat Keluarga

Wartaniaga.com, Pelaihari – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) kabupaten Tanah Laut akan segera launcing program Desa Sahabat Keluarga, sebagai salah satu upaya mewujudkan Bumi Tuntung Pandang sebagai kota pelajar.

Kepala Disdikbud kabupaten Tanah Laut, Abdillah mengatakan program Desa Sahabat Keluarga adalah bentuk implementasi Disdikbud Tanah Laut terhadap salah satu visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut yakni desa dibina kota ditata.

Program Desa Sahabat Keluarga adalah sebuah program pendidikan berbasis keluarga, dimana semua stake holder pendidikan berkolaborasi dengan masyarakat dalam rangka pelaksanaan proses pendidikan buah hati di sekolah.

Disdikbud Kabupaten Tanah Laut Akan Segera Launcing Program Desa Sahabat Keluarga

Ia berharap antara satuan pendidikan dan masyarakat bersama memajukan pendidikan, sama – sama memantau perkembangan anak disetiap level, sehinga tidak ada persoalan karena sudah terjalin komunikasi.

Abdillah menyebut progam Desa Sahabat Keluarga nantinya akan memuat program – program pola asuh bagi anak, kelas – kelas aspirasi, paguyuban – paguyuban kelas, agar para orang tua bisa merasakan apa yang dirasakan anak – anak mereka disekolah.

Desa Sahabat Keluarga

Selanjutnya akan dikembangkan Gerakan 18.20, dimana mulai pukul 18:00 sampai dengan 20:00 agar mematikan HP, orang tua dan anak duduk bersama, saling bercerita, makan bersama atau membaca al’quran bersama, manfaatkan waktu 2 jam tersebut hanya untuk keluarga.

BACA JUGA:  9 Kelurahan di Banjarmasin Timur Minim Serapan

“Insya Allah dengan dukungan semua pihak, program Desa Sahabat Keluarga akan segera kita launching di bulan November ini, sehingga sinergitas benar – benar terjadi dan anak – anak terawasi pendidikannya,” harap Abdillah.

Pilot project sudah dilaksanakan di Desa Sumber Makmur kecamatan Takisung, dengan hasil yang sangat memuaskan dan harus ditularkan kepada 11 kecamatan yang ada di Tanah Laut.

” Dalam waktu dekat kita juga sedang menyusun peraturan bupati terkait tentang pendidikan anti korupsi untuk sekolah – sekolah di Tanah Laut,” tambah Abdillah.

Reporter : Tony Widodo
Editor : Muhammad Zahidi
Foto : Tony

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *