Warga Miskin Bakal Dibuatkan 140 Rumah

Warga Miskin Bakal dibuatkan 140 Ruma

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Upaya menuntaskan kemiskinan, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Banjarbaru akan bangunkan 140 rumah bagi masyarakat miskin di wilayah Landasan Ulin Selatan dan Guntung Payung.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman ( Disperkim) Kota Banjarbaru, Muriani, mengatakan memang didaerah tersebut banyak mengalami kendala termasuk rendahnya penghasilan dan tempat tinggal yang kurang layak. Karena itu pihaknya melakukan bantuan lewat bedah rumah dengan tujuan mengurangi kemiskinan dan kekumuhan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Kami sudah mendata masyarakat yang layak mendapatkan bantuan tersebut setidaknya kemiskinan bisa berkurang,” ujarnya kepada Wartaniaga.com via ponsel, Sabtu (5/10).

Warga Miskin Bakal dibuatkan 140 Rumah

Ia mengungkapkan anggaran dana yang disiapkan itu bukan hanya dari APBD, namun juga bantuan pusat sudah menurunkan dana yang cukup besar untuk pelaksanaan pembedahan rumah bagi masyarakat yang ada diwilayah Kota Banjarbaru tersebut.

“Untuk pembedahan rumah di daerah yang kami terima dari pusat kisaran Rp 1 miliar,” ungkapnya.

Riani juga menjelaskan pembedahan setiap rumah dibutuhkan dana sekitar Rp 17 Juta, hal ini, sudah dirincikan oleh pihaknya sebelum pelaksanaan dilapangan termasuk anggaran biaya bahan material dan upah tukang bangunan.

“Satu rumah sudah kami anggarkan segitu karena biaya tersebut sudah masuk upah tukang dan bahan bangunannya,” tandasnya.

Sebelumnya, Riani juga membeberkan perihal pelaksanaan pembedahan tersebut Disperkim sudah melaksanakan pendataan secara khusus kemasyarakat hingga tinggal pelaksanaannya dan harus selesai akhir tahun ini.

“Akhir tahun ini sudah harus rampung, kalau pelaksanaan tinggal kita turunkan tukangnya saja,” pungkasnya.

Ia juga menjelaskan anggaran yang diturunkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 1 miliar, pihaknya juga menegaskan, dana dalam pelaksanaan tersebut murni untuk pembangunan bedah rumah yang rencananya 140 buah akan berdiri di wilayah Landasan Ulin Selatan dan Guntung Payung.

“Anggaran Rp 1 miliar itu hanya kami rencanakan khusus pembedahan rumah saja tidak dengan yang lain, perencanaannya 140 buah rumah siap berdiri disana,” tutupnya.

Reporter : Riswan
Editor      : Hamdani
Foto        : Riswan

Pos terkait

banner 468x60