Kantor Bidang Pasar Dilalap Api, Dokumen Ikut Hangus

Kantor Bidang Pasar Dilalap Api, Dokumen Ikut Hangus

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Kantor Bagian Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin terbakar, Kamis dini hari (24/10) sekitar pukul 1.30 Wita.

Dalam musibah itu nyaris tak ada benda dan dokumen yang bisa diselamatkan, karena api begitu cepat menghanguskan kantor yang berada lantai 3 Pasar Baru Permai, Jalan Niaga Timur, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kota Banjarmasin.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Mengetahui itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah langsung meninjau lokasi dan berencana langsung melaksanakan rapat karena kantor yang terbakar merupakan kantor pelayanan masyarakat.

“Kebakaran ini merupakan musibah dan ini dapat kita jadikan pelajaran. Mengenai banyak data maupun dokumen yang ikut terbakar dalam ini kami akan segera melakukan rapat hari ini,” katanya disela kunjungannnya.

Kabid Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, M Tesar mengatakan, dalam musibah tersebut hampir semua data dan dokumen hangus. Namun, beruntung semua data masih ada arsipnya yang disimpan dalam berkas dan komputer, hanya saja pasca ini proses layanan masyarakat sedikit terganggu karena saat ini sambil berbenah kantor yang berantakan.

“Meskipun kantor kami hangus terbakar, kami tetap menjalankan pelayanan dimana pelayanan sementara ini kami buka di samping gedung yang terbakar,” tuturnya.

Ia melanjutkan, bangunan disamping itu diakuinya memang sempit, namun demi pelayanan masyarakat yang ingin berurusan maupun yang ingin bayar reribusi pasar itu tetap harus dibuka.

“Insyallah diruangan apa adanya ini kami menggunakannya sekitar satu pekan, sambil menunggu perbaikan gedung,” katanya.

Ditanya data penting apa saja yang terbakar, Tesar menyebutkan data itu seperti surat tanda setoran (STT). Sebagian besar data itu hangus terbakar.

Kemudian soal kerugian, ia belum bisa menyebutkan karena ranah penghutungan kerugian bagian aset yang melakukan.

“Tadi bidang asset meninjau lokasi, kedatangannya untuk menghitung inventaris dan kalkulasi kerugian,” tutupnya.

Kepala BPBD Kota Banjarmasin, M Hilmi, menuturkan api melumat kantor Bidang Pasar itu pada pukul 01.30 – 03.00 WITA, Kamis (24/10). Semua perabotan kerja termasuk data di kantor hangus terbakar.

Reporter : Wildan
Editor : Hamdani
Foto : Wildan

Pos terkait

banner 468x60