2 Raperda Belum Disahkan Jelang Prolegda DPRD

  • Whatsapp
2 Raperda Belum Disahkan Jelang Prolegda DPRD

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) baru seminggu dibentuk, DPRD Kota Banjarmasin mulai gerak cepat bekerja akan menyusun program legislasi daerah (Proledga) 2020 nanti.

Ketua Bapemperda DPRD Banjarmasin, H Arupah Arif mengatakan pada pekan ini dimulai dengan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Banjarmasin melaksanakan rapat koordinasi dengan mengundang semua SKPD Lingkup Pemko Banjarmasin.

Muat Lebih

“Rapat ini nantinya untuk menginventarisir usulan rancangan peraturan daerah (Raperda) oleh pihak Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, di Gedung DPRD Kota Banjarmasin, Jumat (11/10).

BACA JUGA:  Habib Banua Kritisi Kebijakan Pemko Soal Seragam Non PNS

Ia mengungkapkan usulan Raperda dari setiap fraksi di DPRD Kota Banjarmasin nantinya akan ditampung terlebih dahulu sembari menunggu fraksi gabungan PPP, Nasdem dan PBB yang masih belum ada usulan mengenai prolegda.

“Kita masih belum bisa memprediksi ada berapa banyak usulan raperda yang masuk dalam prolegda 2020, tetapi, biasa porsinya lebih banyak usulan dari pihak eksekutif, yaitu Pemko,” ungkapnya

Ditanya soal ada Raperda dari dewan periode sebelumnya, Arufah menyampaikan sudah rampung semua.

Sementara itu, terkait Perda Tata Cara Pembebasan Lahan dan Perda Retribusi Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol (Perda Minol) secara prosedur sudah rampung dan seharusnya tinggal diketok dan disahkan.

Meski demikian, untuk Perda Minol ada permintaan dari walikota Banjarmasin untuk ditunda, dan Perda pembebasan lahan masih menunggu dokumen RT RW dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan

BACA JUGA:  Pemko Banjarmasin Siapkan Retribusi Tempat Rekreasi dan Saran Olahraga

“Jadi untuk Prolegda tahun 2020, ia berharap, aturan hukum yang diusulkan tetap pro rakyat dan untuk kesejahteraan serta kepentingan warga Banjarmasin setempat,” terangnya.

Reporter : Fathurrahman
Editor : Mukta
Photo : Fathurrahman

Pos terkait