Berdasar Survey World Giving, Indonesia Negara Paling Dermawan di Dunia

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta – Sebagai salah satu negara yang berkembang di dunia, Indonesia yang dikenal dengan keberagaman sukunya ternyata memiliki tingkat kedermawanan paling tinggi sedunia, hal ini didasarkan pada hasil survey World Giving 2018 yang menyebutkan Indonesia masih tetap mempertahankan gelarnya hingga saat ini.

Namun, dibalik pencapaian hasil tersebut ternyata Indonesia masih belum mempunyai wadah untuk menghimpun orang-orang dermawan sehingga tercipta suatu kondisi kepedulian yang muncul tanpa harus menunggu.

Muat Lebih

Menanggapi hal itu, Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ibnu Khajar mengatakan selama empat belas tahun perjalanannya, kedermawanan di Indonesia hanya sebagai momentum ketika terjadi bencana saja, padahal kedermawanan itu bukan hanya dimunculkan dalam bentuk material saja melainkan sifat kepedulian yang tinggi seperti gotong royong dan menjadi relawan.

BACA JUGA:  Dengan Si Monik, Pemilik Hidroponik tidak Repot Lagi

“Sifat dermawan itu bukan dikategorikan dalam bentuk material saja tapi menjadi relawan bahkan gotong royong masih masuk dalam kata dermawan itu sendiri,” ucapnya kepada Wartaniaga.com melalui rilis yang disampaikan pada Jumat (13/9).

Ia membeberkan akhirnya ditahun ini tergerak lah suatu aksi solidaritas dalam pembentukan organisasi Gerakan Nasional Dermawan Indonesia (GNDI) dimana dengan jargon #IndonesiaDermawan yang di kepalai oleh Syuhelmaidi Syukur selaku Steering Commitee GNDI Pusat dengan harapan dapat dipercaya mampu membangun negeri ini lebih baik dan serta dapat melahirkan calon dermawan lain untuk menjadi lebih tersusun tertata dan terarah tujuannya.

“Kita berharap adanya GNDI bisa lebih menghimpun adanya gerakan ini dan dapat lebih berkembang bersama para dermawan lainnya,” bebernya.

BACA JUGA:  Catat Waktunya, Garuda Beri Diskon 50 Persen Semua Rute Domestik

Ditempat terpisah, Syuhelmaidi Syukur mengungkapkan gerakan nasional #IndonesiaDermawan sebagai sebuah gerakan inklusif untuk menginspirasi publik dalam berkontribusi dan menjadi solusi permasalahan kemanusiaan di Indonesia serta dunia secara terus-menerus, tanpa menunggu momen-momen tertentu.

“Kami berharap dengan adanya gerakan nasional ini menjadi inspirasi yang dapat berkontribusi tanpa menunggu moment tertentu pada permasalahan tentang kemanusiaan saat ini,” ucapnya

Maka dari itu, ACT dan SCGNI membuat sebuah nama gerakan baru #IndonesiaDermawan untuk menghimpun mereka agar tercapainya arahan yang sesuai dengan tujuan dan makna sebagai negara paling dermawan di Indonesia.

Reporter : Riswan
Editor : Mukta
Foto : Ist

Pos terkait