Loading...
54 views

Pabrik Kelapa Sawit Dibangun Di Batu Ampar

Loading...

Wartaniaga.com, Pelaihari – Untuk mendorong terwujudnya petani kelapa sawit yang tangguh dan mandiri sebagai penghasil CPO dan turunannya di Tanah Laut akan dibangun Pabrik Kelapa Sawit ( PKS ) Petani Swadaya Mandiri Desa Tajau Mulya Kec. Batu Ampar Kab. Tanah Laut yang di tandai peletakan batu pertama oleh Bupati Tanah Laut H. Sukamta. ( 5/8 )

Dalam sambutannya Bupati Tanah Laut H. Sukamta mengatakan “Tujuan dari pembangunan PKS ini adalah agar turut serta dalam mewujudkan terciptanya kesejahteraan bagi petani kelapa sawit, khususnya di Kab. Tanah Laut, selain untuk memberikan tambahan pendapatan bagi petani swadaya mandiri yang akan di peroleh dari hasil penjualan CPO.
Semoga dengan pembangunan PKS ini akan lebih bisa meningkatkan kesejahteraan para petani khususnya para petani kelapa sawit dan kemakmuran bagi masyarakat Tanah Laut pada umumnya” demikian tutur Sukamta.

BACA JUGA:  Kebakaran Kotabaru, Satu Kampung Ludes Dilalap Api

Sementara itu, Angga Yudha Prasetya Direktur Utama PT. BGMPA dalam sambutannya mengatakan “Koperasi sawit makmur adalah mitra usaha dari PTPN 13 Pelaihari. Pembangunan pabrik kelapa sawit ini atas kerjasama kemitraan antara Koperasi Sawit Makmur (KSM) dengan PT.BGMPA dengan skema sebagai berikut : 1. Sebelum BEP ( Break Event Point ) PT. BGMPA akan memiliki saham sebesar 70 % sementara KSM memiliki saham sebesar 30 %. 2. Setelah BEP PT.BGMPA akan memiliki saham sebesar 40 %. KSM mempunyai binaan anggota petani swadaya mandiri dengan luas kebun kelapa sawit 11.754 hektar yang tersebar di 8 Kecamatan pada 23 Desa dengan jumlah petani kurang lebih 3.200 kk.

Nilai project Pabrik Kelapa Sawit ( PKS ) secara keseluruhan adalah 230 M, yang meliputi Perumahan, jalan dan inspratuktur lain. Pembangunan PKS di mulai April 2019 dan insya Allah akan beroprasi pertengahan tahun 2020.

BACA JUGA:  Warga Binaan Lapas Tala Diajarkan Bikin Decoupage
Loading...

Reporter : Tony Widodo

Editor : Riyatin

Foto : Tony Widodo

Facebook Comments
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.