Hanya Sekitar 4 Jam, Pemotongan 89 Ekor Sapi Selesai Dilaksanakan

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,  Banjarmasin – Penyelenggaraan ibadah qurban yang dikelola oleh Pengurus Masjid Al-Jihad Banjarmasin untuk Hari Raya Idul Adha tahun 1440 H, alami kemajuan yang sangat luar biasa. Hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam pelaksanaan pemotongan 89 hewan qurban berupa sapi sudah mampu diselesaikan pemotongannya.

Menurut Panitia Pelaksana Penyembelihan Muddatsir, pemotongan cepat oleh panitia penyembelihan itu menggunakan dua alat mesin pengguling hewan kurban disamping juga telah melibatkan sekitar 260 orang relawan, hal ini dilakukan tidak lain karena ingin memberikan kemudahan dan kecepatan buat Jemaah dan masyarakat luas pada umumnya dalam mendapatkan daging qurban, jelasnya, Minggu (11/8).

“Hewan kurban ini terdiri dari 89 ekor sapi dan 7 ekor kambing. Tiap sapi yang dipotong dibantu mesin pengguling itu membutuhkan waktu 5 menit, sehingga proses pemotongan disini lebih cepat dan efektif,” katanya disela penyembelihan hewan.

BACA JUGA:  Akibat Asap, 7 Pesawat di Syamsuddin Noor Delay
Loading...

Muddatsir melanjutkan, dalam pelaksanaan pembagian hewan kurban itu pihaknya menyediakan 10 ribu kupon, kemudian 2 ribunya tanpa kupon. Tiap kupon diganti dengan 3 ons daging. Meski pengerjaan pemotongan dilakukan dengan banyak warga, namun tenaga yang khusus menguliti hewan pihaknya menghadirkan dari Tanah Laut yang berjumlah 20 orang. “Hanya tenaga pengulitan hewan kurban ini yang dibayar, selain itu bersifat relawan dan gotong royong baik itu mulai dari pemotongan, pembagian hingga kebersihan,” kata Muddatsir yang kesehariannya sebagai Ketua Harian Masjid Al Jihad Banjarmasin.

Ia melanjutkan lagi, sapi kurban yang dikurbankan oleh ratusan pengurban itu kebanyakan didatangkan dari Batola, Wanaraya. Pembagian daging kurban tersebut ditarget sudah selesai sebelum waktu solat ashar. “Pembagian potongan hewan kurban kami target selesai sebelum ashar. Mudahan semuanya bermanfaat dan daging yang dikonsumsi menyehatkan,” tutupnya.

BACA JUGA:  UMKM di Kalsel Meningkat Hingga 60% Lebih

Sumber : Hams

Editor : Riyatin

Foto : Hams/Ist

Loading...

Pos terkait