Jalin Silaturahmi, Begini Cara Ibu-Ibu Bangun Keakraban

  • Whatsapp

Wartaniaga.com,Banjarmasin- The power of emak-emak sebenarnya adalah mereka juga mampu berkembang di luar urusan rumah tangga. Hidup tak melulu berkutat mengurus suami, anak  dan rumah. Ini kisah tentang fenomena di kalangan ibu-ibu perkotaan, Banjarmasin dan sekitarnya yang membangun keakraban di tengah era medsos sekarang ini.

Tidak bisa dipungkiri hubungan sosial bermasyarakat mulai terkikis dengan hadirnya gadget yang manjadi alat penghubung ke berbagai belahan  dunia. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang tidak saling mengenal dengan lingkungan sekitarnya.

Namun bagi ibu-ibu Komplek AMD Permai Blok B6 Banjarmasin, kebersamaan dan silaturahmi merupakan hal yang utama dalam bermasyarakat. Bagi mereka, bertemu dan tatap muka lebih penting dari sekedar salam sapa di medsos.

BACA JUGA:  Mengenal Srikandi Tanah Laut

Menurut  Yanti, salah seorang warga Komplek AMD Permai Blok B6 Banjarmasin, silaturahmi dirinya dengan ibu-ibu lainnya bukan hanya saat Idul Fitri seperti sekarang ini, tetapi selalu terjalin sejak ia bermukim di komplek ini.

“ Selain arisan bulanan, kami juga sering mengadakan kegiatan sosial, olahraga dan rekreasi bersama. Tujuanya agar silaturhami dan keakraban antar warga selau terjalin”  ujarnya disela halal bihalal ibu-ibu  Komplek AMD Permai Blok B6 Banjarmasin, Sabtu (15/6).

Para ibu ini kerap berkumpul dan tak jarang berbagi ilmu. Ada banyak kegiatan yang bisa mereka lakukan. Masih ingat dengan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga)? Nah, hampir mirip. Kegiatan yang sedang gandrung dilakukan para ibu usia 30-45 tahun.

BACA JUGA:  Agustin : Memberi Warna Politik Banua

Senda dengan, Yanti, Emma Sukarwati warga Komplek Bun Yamin Residence Banjarmasin juga memiliki kegiatan serupa, silaturahmi dengan ibu-ibu dimana dirinya tinggal.

“ Kegiatan kami memang tidak rutin, tetapi pada momentum hari-hari besar  seperti Agustusan, Ramadhan, Lebaran baik Idul Fitri maupun lebaran Haji selalu ada silaturahmi” terangnya.

Baginya, silaturahmi untuk membangun keakraban perlu sering dilakukan terlebih lagi di zaman sekarang ini.

“ Saling mengenal sesama warga komplek itu sangat perlu, bukan hanya mempererat silaturahmi tetapi juga mencegah tindak kejahatan orang yang tidak dikenal” papar istri dari ketua Rukun Tetangga (RT) ini.

Meski demikian, Emma juga membuat group whatsapp sebagai sarana komunikasi antar ibu-ibu komplek. “ Agar silaturahmi tetap terjalin, maka group di medsos juga kami gunakan untuk komunikasi” ceritanya.

BACA JUGA:  Sekilas Mengenal Sosok Tokoh Muda Balangan

Editor : Didin Ariyadi

 

 

Pos terkait