Keterbatasan Fisik tak Menjadi Penghalang Alfian Berwirausaha

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Banyak orang yang sehat secara phisik tetapi malas untuk bekerja, alasannya adalah tidak sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Begitulah nasib Alfiannur Saputra (32th) seorang penyandang disabilitas sejak lahir, dia tidak bisa berdiri seperti orang lain.  Tetapi tekadnya dalam berusaha sangat kuat, sehingga perjalanan hidup yang dilaluinya penuh dengan perjuangan sampai bisa memiliki beberapa keahlian.

Bagi Alfian, tidaklah perlu menyesali hidup dengan membanding-bandingkan dengan orang lain.  Syukurilah apa yang diberikan oleh Tuhan, karena setiap yang diciptakanNya sudah merupakan Kodrat dan Iradat yang harus kita jalani.

Sepeninggal almarhum ibunya, Alfian sudah mencari nafkah sendiri dengan berjualan kue basah khas banjar yang dipelajarinya dari bertanya kepada tetangga dan orang yang bisa memberikan cara pembuatan wadai (kue-banjar) kepada dirinya.

BACA JUGA:  Ini yang Membuat Ibnu Sina Terima Penghargaan PWI Pusat

Kadang-kadang alfian membantu ayahnya dalam membikin septic tank dari kayu ulin, selain ayahnya ada juga tetangga yang memanfaatkan tenaganya untuk pembuatan septic tank tersebut.  Hingga pundi-pundi rupiah terkumpul untuk membeli rumah sederhana di kawasan landasan ulin tersebut.

Pekerjaannya membuat septic tank mulai berkurang, selain pesanan yang jarang.  Ayahnyapun jatuh sakit dan hanya dirawat dirumah saja akibat penyakit tua dan kelelahan sebagai pekerja serabutan.

Jadi ada 6 orang yang tinggal serumah dengan Alfian setelah bapaknya ikut serumah dengannya.

Alfian punya 9 bersaudara dia dan 3 adiknya ditambah dengan anak keponakan serta bapaknya yang menjadi tanggungannya.

Meskipun kedua adiknya bekerja ikut sama keluarga tetapi untuk keperluan sehari-hari di rumah hanya Alfian lah yang menjadi tulang punggung bagi mereka semua.

Pos terkait