Badan Kehormatan Dewan Buat Aturan Baru

Arufah

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Banjarmasin melakukan perubahan terhadap peraturan  dan tata tertib demi menjaga kelancaran tugas dan  wewenang  serta  kode etik  anggota DPRD  kota Banjarmasin.

Menurut, Arufah, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin , salah satu perbedaan yang mendasar pada perubahan ini adalah jika pada peraturan  lama, keputusan BK  diambil melalui badan musyawarah (Banmus) tetapi pada peraturan yang baru  itu harus  diputuskan melalui rapat paripurna.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“ Pada aturan yang baru ini, BK harus melakukan rapat paripurna dulu baru bisa memutuskan sebuah perkara berbeda dengan yang terdahulu hanya di badan musyawarah saja” katanya kepada sejumlah wartawan, Rabu (31/10)

Selain itu, kata Arufah,peraturan baru ini berlakunya selama 2,5 tahun  meskipun pada masa akhir ini tidak sampai pada batas waktu tersebut. Namun, untuk jabatan BK ini minimal 2 tahun untuk lebih mengatahu keadaan anggota   dan fraksi  dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Sementara itu,  Abdul Gais,  Wakil Ketua BK DPRD Kota Banjarmasin mengungkapkan jikalau salah satu pimpinan atau anggota melanggar kode etik pihaknya  akan melakukan rapat internal badan kehormatan terlebih dahulu.

“ Tidak dapat diputuskan begitu saja, harus sesuai dengan peraturan. Ada rapat internal BK dulu baru dibawa ke paripurna” terang politis Parai Demokrat ini.

Reporter : Fathur Rahman

Editor :  Didin Ariyadi

Foto : Fathur Rahman

Pos terkait

banner 468x60