Pemkab Balangan Perkuat Sinergitas untuk Tekan Perkawinan Usia Dini

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Paringin – Dinas sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat kabupaten Balangan menggelar Penyuluhan Pencegahan Perkawinan Usia Anak (P3UA) di Rancah Mampulang, Rabu (16/2/2022).

Kabid pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten Balangan Hj Herlina meyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan agar rencana pencegahan perkawinan anak di Balangan bisa lebih efektif berjalan sesuai harapan.

Menurutnya dengan adanya penyuluhan ini bisa meningkatkan pemahaman dan komitmen pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, terkait dengan pencegahan pernikahan anak dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Dikatakannya pernikahan anak dapat membatasi pendidikan, kesehatan, pendapatan masa depan, keamanan, dan kemampuan anak perempuan. Sehingga mengalami risiko fatal bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka.

BACA JUGA:  Cerita Polantas Tala yang Cekatan Ditengah Lumpuhnya Arus Lalin

“Dinas yang menangani dalam perlindungan anak bisa melaksanakan koordinasi dalam rangka penyusunan rencana aksi daerah pencegahan perkawinan anak di Balangan. Sehingga rencana aksi yang disusun bisa dilaksanakan dengan baik secara konkrit dilapangan,” ujarnya.

Hj Herlina menambahkan ini merupakan upaya bersama yang harus dilakukan secara intensif baik melalui kebijakan peraturan perundang-undangan maupun kebijakan dalam anggaran untuk setiap kegiatan program kerja SKPD.

Sehingga hasil dari saran dan masukan yang diterima dari berbagai pihak, dapat dimuat dalam rencana aksi daerah. Karena rencana aksi inilah yang nantinya akan dijadikan dasar sebagai upaya penurunan perkawinan anak di Balangan.

L

Pos terkait