Eratkan Silaturahmi, Warga Betawi Bentuk Fokjak Banua

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sebagai wadah silaturahmi, warga Betawi yang ada di Banjarmasin membentuk Forum Jakarta  Raya  (Forjak) Banua.  Bertempat di pondok wisata Tambak Yudha Banjarmasin, Minggu (30/9) pembentukan ini dihadiri lebih dari 50 orang tokoh Betawi yang ada di Banjarmasin dan sekitarnya.

“ Dibentuknya Forjak Banua ini semata-mata sebagai wadah memperarat silaturahmi warga Betawi dan Jakarta yang ada di Kalimantan selatan “ ujar David Setiawan, Ketua Forjak Banua   kepada Wartaniaga.com

Muat Lebih

Dikatakanya, sebelumnya memang sudah ada Kerukunan Keluarga Betawi (KKB) Kalsel, tetapi sudah tidak aktif lagi sehingga dibetuklah forum ini.

BACA JUGA:  Bulog Akan Ekspor Beras Banjar

“Sudah beberapa tahun ini KKB Kalsel tidak aktif lagi, forum ini sebagai penggantinya dan lebih luas karena bukan hanya untuk orang Betawi saja tetapi juga orang Jakarta yang bermukim di Kalsel” terangnya.

Menurutnya, ada banyak warga Betawi dan Jakarta yang berdomisili di Kalsel dan perlu wadah untuk mempersatukannya.

“ Semoga forum ini dapat mempersatukan warga Betawi yang banyak tersebar di wilayah Kalsel dan sebagai media  berbagi informasi tentang kampung halaman” ucap David serya menambahkan pada hari ini yang hardir bukan saja dari Banjarmasin tetapi juga ada dari Pelaihari, Tapin, Banjarbaru dan Martapura.

Menariknya, pada acara ini warga yang datang banyak menggunakan pakian adat Betawi sehingga suasana yang terbangun laykanya di kampung Betawi.

BACA JUGA:  Reuni Idaban, Jalin Silaturahmi dalam Kebersamaan

“ Sebagai sarana mengingat kampung halaman pada acara ini kami menggunakan pakaian adat Betawi dan menyiapkan berbagai kuliner khas Betawi” tuturnya.

Dirinya berharap bagi warga Betawi dan Jakarta yang berdomisili di Banjarmasin dan sekitarnya agar ikut bergabung dalm forum ini. “ Kami berharap forum ini semakin banyak diisi oleh warga Betawi dan jakarta, jika ingin bergabung dengan Forjak Banua bisa menghubungi saya di 0811514151” katanya.

Pada acara ini panitia juga meyediakan berbagai hadiah  bagi pemenang yang menggunakan kostum terbaik dari Betawi.

 

Reporter : Fathur Rahman

Editor : Didin Ariyadi

Foto ; Fathur Rahaman

L

Pos terkait