Mulai Hari ini Pemblokiran Kartu yang Belum Terdaftar

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Jakarta- Malai hari ini, Rabu (28/2) pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informasi akan memblokir telpon seluler masyarakat yang belum mendaftarkan nomornya. Demikian dikatakan Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika Noor Iza, dikutip dari Pikiran Rakyat.

Menurutnya, ada sebanyak 296 juta kartu SIM prabayar sudah tervalidasi terhitung sampai Selasa pagi 27 Februari 2018. Dan bagi masyarakat yang belum mendaftarkan kartunya akan diblokir secara bertahap.

“ Hitung mundur pemblokiran kartu secara bertahap akan dimulai sejak Rabu 28 Februari 2018” ujarnya

Berdasarkan data, tambahanya terdapat 300 juta orang masyarakat Indonesia yang belum mengaktifkan kartu SIM prabayarnya. Sementara jumlah pengguna telpon di Indonesia mencapai 190 juta.

BACA JUGA:  Positif, 1 April Jembatan Alalak Ditutup Total

“Kami mengimbau agar masyarakat yang belum, segera melakukan registrasi sebelum kartunya terblokir,” ujar.

Noor mengatakan, registrasi dinyatakan berhasil jika sudah ada konfirmasi melalui SMS. ‎Noor mengklaim, hingga saat ini mesin dan sistem registrasi berjalan dengan baik sehingga tidak ada gangguan dalam proses pendaftaran kartu SIM prabayar.

Meskipun demikian, Noor mengakui bahwa Kominfo masih menerima aduan dari masyarakat yang mengalami kendala dalam regsitrasi

“Kebanyakan ada salah ketik dan lebih banyak lagi karena adanya ketidaksesuaian data NIK dan nomor KK. Ketidaksesuaian tersebut karena nomor KK bersifat dinamis jika ada perubahan data di dalam KK,”ujar dia.

Bagi masyarakat yang terkendala dengan nomor kependudukan disarankan untuk berkonsultasi dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota setempat. Sebab, regsitrasi prabayar mengacu pada data kependudukan nasional. “Kendala juga bisa disampaikan melalui media sosial Kominfo baik di Facebook, Twitter, maupun Instagram,” ujar dia.

BACA JUGA:  Ini Cara yang Dilakukan PT DLU Mengurai Kepadatan Pemudik

Penulis : Edi Koesmono

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Net

Pos terkait