Nurizon, Cerita Anak Kepri yang datang ke Banjarmasin

  • Whatsapp
Para Siswa SMN dari Kepri saat menampilkan salah satu buadaya daerahnya

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Program Kementerian BUMN, Siswa Mengenal Nusantara yang berlangsung di Banjarmasin selama 1 minggu yakni dari tanggal 23-28 Juli 2017 menyisipkan cerita tersendiri khususnya bagi Nurizon. Pemuda asal Batam, provinisi Kepulauan Riau (Kepri) ini rupanya sangat senang sekali dapat berkunjung ke Banjarmasin.

“ Saya sangat senang sekali mendapat kesempatan bergabung   di kontingen Kepri dan bertukar dengan siswa dari Kalimantan Selatan. Saya sering sekali mendegar Banjarmasin dari berbagai media dan akhirnya terwujud harapan saya untuk datang ke sini” ujarnya kepada wartaniaga.com

Muat Lebih

BACA JUGA:  644 Atlet Pelajar Kalsel Ikuti KOPDA 2019

Menurutnya untuk dapat tergabung dalam program ini setiap siswa harus melewati berbagai seleksi yang ketat. Selain itu tim seleksi mempertimbangkan prestasi yang pernah diraih baik tingkat lokal terlebih nasional.

“ Dari sekitar 30 an peserta hanya 20 orang yang berhak ikut dalam program ini. Dan Alhamdulillah saya mampu melewati berbagai tahap seleksi dan bergabung dengan kontingen dari Kepulauan Riau ini” kata pemuda yang pernah menjuari Tahfiz Al-Qur’an tingkat provinsi ini.

Baginya kota Banjarmasin sangat bagus, banyak memiliki objek wisata serta kesenian yang beragam. Meski demikian menurutnya budaya yang dimiliki masyarakat Banjar tidak jauh berbeda dengan di daerahnya. “ Masyarakat Banjar dengan Riau kelihatnya sama suku Melayu” ujarnya.

BACA JUGA:  Perkuat Peran Tokoh Adat dan Tokoh Agama Lindungi Perempuan dan Anak di Tanah Papua

Kesempatan berkunjung ke Kalsel akan dimanfaatkan semaksimalnya oleh rombongan dari Kepri ini. Mereka berharap dapat mengenal lebih banyak budaya, kesenian dan wisata yang ada di Kalsel sehingga akan memupuk rasa kecintaan yang kuat terhadap keragaman di negeri ini.

Sementara itu, Vice CRS PT. Timah TBK Provinsi Kepri, Ali Syamsuri mengatakan akan menjamin bahwa siswa dari Kalsel yang berada di sana juga akan mendapatkan pengalaman yang berharga.

“ Kami yang akan bertanggung jawab untuk siswa Kalsel yang berada di sana dan kami pastikan mereka akan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat tentang budaya serta kesenian provinis Kepri” ujarnya

Lebih lanjut dirinya juga mengungkapkan para siswa dari Kalsel  nantinya juga akan diperkenalkan dengan berbagai kuliner dan kain khas dari Kepri.

BACA JUGA:  Lebaran 2019 Penumpang Laut Naik 15 Persen

Selain itu, menurutnya salah satu agenda yang akan dilaksanakan para siswa Kalsel di sana adalah berkunjung ke PT. Timah TBK untuk mengenal bagaimana proses peleburan dan pembuatan timah.

Reporter : ***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait