Kenalkan Budaya Pada Pemuda, BUMN Gelar Program SMN

  • Whatsapp
Menabur rebana bersama menandai dibukanya Program Siswa Mengenal Nusantara di Banjarmasin, 23-28 Juli 2017

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Upaya memperkenalkan dan melestarikan budaya terus digalakan pemerintah, salah satunya dengan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang dimotori oleh Kementerian BUMN.  Sebanyak 20 siswa dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) datang ke Banjarmasin dan akan belajar serta mengenal budaya Kalimantan Selatan.

Kehadiran mereka di Banua juga akan dibawa berkeliling kerberbagai objek wisata yang ada di sini. Selain itu, para siswa ini diperkenalkan berbagai budaya serta kesenian yang terdapat di Kalimantan Selatan, demikian disampaikan Yuni Suryanto, Assisten Deputy Kementerian BUMN pada saat pembukaan Program Siswa Mengenal Nusantara, di Banjarmasin, minggu (23/7)

Muat Lebih

BACA JUGA:  Usai Dilantik Presiden, Menteri Bintang Puspayoga Pimpin Rapat Perdana di Kemen PPPA

“ Masing-masing  provinsi akan  mengirimkan 20 orang siswa untuk ditukar selama  1 minggu agar saling  mengenal budaya daerah setempat.   Program ini bertujuan agar generasi muda dapat mengenal budaya dan kesenian nusantaranya  sehingga menumbuhkan jiwa Bhineka Tunggal Ika” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan program ini adalah bentuk kepedulian  BUMN terhadap anak negeri.

“ Kementerian BUMN sangat peduli terhadap anak-anak bangsa yang berprestasi dan dengan program ini diharapkan mampu memupuk rasa kecintaan mereka terhadap budaya bangsa sendiri” ujarnya

Menurutnya  siswa yang berprestasi  ini juga nanti akan diberikan beasiswa  hingga perguruan tinggi dan tidak menutup kemungkinan akan bekerja disalah satu BUMN  yang ada dinegeri ini.

BACA JUGA:  9 SMP Kurang Siswa, SMPN 28 Memprihatinkan

Sementara itu, H Siswansyah, SH,MH, Assisten 1 Bidang Pemerintahan, Pemprov Kalimantan Selatan yang mewakili Gubernur  mengungkapkan kebanggan dan kegembiraan dengan adanya program ini.

“ Pemerintah sangat berterimakasih kepada BUMN yang telah membuat program ini sehingga generasi muda dapat lebih mengenal budaya yang ada di Indonesia ini” ujarnya.

Menurutnya adanya program pertukaran siswa ini sangat baik sekali terlebih lagi di masa sekarang dimana generasi muda  kurang mengenal budaya-budaya di Indonesia. Diharapkan dengan adanya program ini kecintaan terhadap budaya dan kesenian siswa semakin meningkat.

Pada kesempatan ini dirinya juga mengucapkan selamat datang kepada delegasi siswa dari Provinsi Kepulauan Riau. “ Selamat datang di Bumi Lambung Mangkurat semoga selama berada di sini dapat mengenal lebih banyak tentang Kalimantan Selatan baik itu budaya, kesenian dan wisatanya” tuturnya.

BACA JUGA:  Utang 10 BUMN Dipundak Erick Thohir

Reporter :***

Editor : Didin Ariyadi

Foto : Didin Ariyadi

Pos terkait