4 views

Tingkatkan Kesejahteraan Anggota, Hipmikimdo Kelola Hasil Bumi

Wartaniaga.com, Banjarmasin– Hasil bumi yang berkualitas dan melimpah yang dimiliki oleh bangsa Indonesia menjadi fokus perhatian Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) guna membantu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Ketua Hipmikimdo Kalsel, Dra Asmah Darkani mengungkapkan banyak hasil bumi yang belum dimanfaatkan secara maksimal menjadi perhatian organisasinya.

“Banyak sekali hasil bumi yang belum di kelola secara maksimal oleh para petani, misalnya dijadikan bahan makanan, souvenir, handry craf dan lainnya yang memiliki daya guna lebih “ tuturnya kepada wartaniaga.com

Saat ini, Hipmikimdo telah mengembangkan hasil bumi bersama anggotanya di berbagai kabupaten di Kalsel. Diantara hasil bumi yang dikelola antara lain pembibitan sengon, jahe, ubi kayu dan pembuat ubi menjadi kuliner khas daerah. Penanaman dan pembibitan sengon dilakukan di 3 daerah yakni Kabupaten Banjar, Batola dan Balangan, sedangkan jahe di Tabalong.

BACA JUGA:  Warga Pulau Sugara Keluhkan Rasa Asin di Muara Sungai Barito

Lebih lanjut wanita yang pernah menjadi bakal calon gubernur ini menuturkan semua hasil bumi yang dikelolanya saat ini sudah ada pembelinya.

“Sengon akan dibeli oleh saudara kita dari pulau jawa yang akan mereka ekspor ke luar negeri, jahe juga sudah kerjasama dengan perusahaan jamu, sedangkan ubi kayu dan turunannya selain di jual di tingkat lokal juga akan kita ekspor “ katanya.

Meskipun Hipmikimdo memprioritaskan hasil bumi sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan anggotanya, namun Asmah tidak menampik masih tetap melakukan pembinaan dan bimbingan terhadap anggotanya yang memiliki usaha kecil.

“Adanya program hasil bumi ini bukan berarti meninggalkan anggota yang memiliki usaha kecil dan mikro, tetapi program ini akan saling menguntungkan sesama anggota. Bisa jadi hasil bumi ini diperlukan anggota yang memproduksi jamu secara home industry atau kayu sengon untuk souvenir” ujarnya

BACA JUGA:  Bank Indonesia Kalsel Miliki Pimpinan Baru

Bahkan, sebagai wujud keseriusan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya Hipmikimdo Kalsel sedang membangun UKM Center.

“Bagi para anggota yang memiliki produk, kami sedang mempersiapkan sarana yakni UKM Center Hipmikimdo yang insya Allah akan di resmikan setelah lebaran nanti yang berada di Kota Martapura” tutur Asmah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *