Loading...
24 views

Teduhnya Laba Usaha Tenda

WartaNiaga.com – Banjarmasin.  Usaha penyewaan perlengkapan dan peralatan kegiatan acara seperti  pernikahan, sunatan, aqiqah, ulang tahun, kegiatan sosial, pameran, dan berbagai kegiatan acara lain memang bukanlah bisnis  baru. Puluhan orang telah melakoni usaha yang satu ini, namun seiring dengan pertumbuhan perkembangan kota dan banyaknya kegiatan yang dilaksanakan masyarakat atau pun lembaga pemerintah dan swasta jasa ini juga semakin diburu.
Setiap minggu usaha ini selalu kebanjiran pesanan, baik yang berskala kecil ataupun besar. Terlebih lagi perlengkapan ini diperlukan tanpa mengenal musim, dimana ada pesta disitu ada tenda. Singkatnya, usaha yang booming sejak sepuluh tahun yang lalu ini masih memiliki prospek yang cukup menjanjikan dan nyaris tidak memiliki celah untuk menderita kerugian.

Uniknya lagi, modal untuk memulai usaha ini tidak harus besar, dengan hanya memiliki beberapa tenda dan kursi, usaha ini sudah bisa berjalan dan menghasilkan uang. Dengan  memiliki 4 buah tenda dan 200 kursi, sudah bisa melayani kegiatan berskala kecil. Dan seiring berjalannya usaha asset yang dimiliki juga dapat ditambah.

BACA JUGA:  Mahasiswa Ditantang Untuk Jadi Kaya

Keuntungan dari usaha  ini dapat ditingkatkan dengan menambah sedikit permodalan guna pengadaan asset tambahan seperti kain sarung kursi, dan aksesories tenda yang akan semakin mempercantik tampilan tenda yang digunakan.
Menurut  Fatma Zuraida, pemilik Hida tenda dalam menjalankan usaha ini tidak perlu diawali dengan modal yang besar dan keahlian tertentu. “ Cukup menyediakan tenda beberapa buah dulu ukuran4 x 3 meter dan kursi sebanyak 200 buah serta alat transportasi guna mengangkut tenda, suah bisa melayani acara perkawianan” ujarnya.
Banyaknya bengkel las dapat dimanfatkan untuk membuat tenda, mereka lebih mengerti bagaimana kekuatan dan ketebalan besi sehingga kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk membeli mesin las dan besi” jelasnya seraya menambhakan hal itulah yang dilakukannya saat mengawali usahanya 14 tahun yang lalu.

BACA JUGA:  Temui Ketua DPRD, APJI Banjar Komitmen Angkat Citra Kuliner Daerah

Semakin banyaknya permintaan, maka semakin bervariasi juga tenda yang ditawarkan. Kalau dulunya hanya berupa tenda, kini para pengusaha tenda sudah menyediakan berbagai ukuran dan jenis tenda untuk menjadi pilihan konsumen sesuai denmgan keperluan. Untuk ukuran, mereka umumnya menyediakan ukuran 4 x 3 meter, 6 x 4 meter, 8 x 6 meter dan 12 x 8 meter. Sedangkan jenisnya ada yang tanpa flapon dan yang menggunkan flapon disertai berbagai warna yang menarik.

Loading...

Fatma Zuraida mengaku, setiap minggunya selalu kebanjiran pesanan, tidak hanya melayani masyarakat di sekitar Banjarmasin tetapi juga diberbagai kota seperti Banjarbaru, Marabahan, Martapura dan bahkan Tanah Laut..

Senada dengan Fatma Zuraida, pemilik Tenda Restu ibunda, Rizal menggungkapkan hampir setiap minggu selalu ada saja yang memakai tendanya.  Sedikit demi sedikit hasil dari penyewaan tenda tersebut ditabungnya untuk menambah tenda atau kursi , meja bahkan panggung untuk acara-acara diluar gedung.

BACA JUGA:  SSN Gandeng UMKM Banua untuk Maju Bersama

Bermodalkan 10 buah tenda dan mobil pick up seadanya ditahun 2010 yang lalu ia memulai usaha penyewaan tenda hingga akhirnya memiliki 28 buah tenda diserta kursi dan meja untuk memenuhi kebutuhan pesta perkawinan dan hajatan lain.

“ Alhamdulillah, saat ini saya bisa melayani 4-5 lokasi dan untuk pemasangannya, saya dibantu oleh adik dan keluarga serta kawan-kawan dengan sistim pembagian 30% dari hasil kontrak tersebut” papar Rizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *