” Lantih” Jadi Program Kecamatan Halong Cegah Bencana

Kegiatan Bidang Trantibum Kecamatan Halong untuk mempermudah masyarakat memperoleh informasi bencana dengan mendata kelapangan dan membuat posko, kini hadir lagi Inovasi LANTIH

Wartaniaga.com, Paringin – Melalui Inovasi LANTIH (Layanan Trantib Tangguh) Kecamatan Halong bersama satgas siaga bencana dan satlinmas memfokuskan kegiatan terhadap potensi ancaman bencana alam khususnya banjir.

Diketahui inovasi LANTIH adalah sebuah inovasi untuk mempermudah pelayanan terhadap keluhan masyarakat yang mana untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa bencana alam seperti banjir, kebakaran dan lain-lain.

Husin selaku Staf Bidang Trantibum Kecamatan Halong, Senin (1/4/2024) mengatakan terkadang masyarakat harus datang untuk memperoleh informasi kepetugas yang membidangi, namun terkadang masyarakat tidak mendapatkan informasi yang diinginkan karena petugas yang membidangi tidak ada ditempat dikarenakan berhalangan hadir, maka masyarakat tidak dapat memperoleh informasi terkini yang ada di Kecamatan Halong.

“Dari permasalahan tersebut Bidang Trantib Kecamatan Halong memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga terciptalah Inovasi LANTIH, yaitu Layanan Trantib Tangguh,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan, kolaborasi Inovasi LANTIH, satgas siaga bencana dan satlinmas diharapkan dapat menjangkau masyarakat luas untuk mendapatkan informasi mengenai adanya potensi ancaman, rawan bencana serta pasca bencana.

Selain itu, dalam inovasi ini segala data dan laporan dilakukan secara tertib, disiplin serta mudah dipahami berkelanjutan dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga memudahkan dalam menindaklanjuti apa dan bagaimana untuk memberikan informasi-informasi terkini yang ada di lingkungan masing-masing.

“Dengan adanya layanan informasi melalui inovasi ini mengenai potensi serta ancaman maupun pasca bencana dilingkungan masing-masing, maka akan memudahkan untuk mengantipasi serta menanggulanginya,” ujarnya.

Inovasi LANTIH diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang tahu mengenai informasi tentang bencana alam dengan benar dan akurat. Hal tersebut sejalan dengan tujuan Layanan Ketentraman dan Ketertiban Tangguh untuk meningkatkan kepekaan masyarakat.

“Dengan kolaborasi yang lebih luas antara desa dan kecamatan dapat membuat Inovasi LANTIH lebih berkembang dan dapat di jangkau seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Halong hingga seluruh masyarakat Kabupaten Balangan,”tambahnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60