Rakor SIDIN BAIMAN : Upaya Konsolidasi Data Industri di Kota Banjarmasin

Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian kota Banjarmasin, Ir H Noosyahdi, M.Kes

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menggelar rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Data Industri Banjarmasin (Sidin Baiman) yang berlangsung di Aula Rumah Kemasan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, hari Kamis (01/02/2024).

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ir. H. Noorsyahdi, M.Kes tersebut turut dihadiri Kabid Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Drs. Eka Herlambang, Fungsional Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Ahli Muda, Bunga Wantisaliana, ST, serta berbagai pihak terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Ir. H. Noorsyahdi menyampaikan, tujuan dari kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut sebagai bentuk upaya untuk menguatkan basis industri di kota Banjarmasin. Terlebih ujarnya lagi, hal ini sejalan dengan Visi misi Banjarmasin Baiman yang lebih bermartabat.

“Saat ini, telah terdata sekitar 3.200 Industri Kecil Menengah (IKM) dalam aplikasi Sidin Baiman. Namun, jumlah ini diharapkan akan terus bertambah seiring dengan sosialisasi kepada IKM yang belum terdaftar,” ucap Noorsyahdi.

Lebih lanjut, Ia menerangkan dengan hadirnya peserta yang terdiri dari ketua RW, RT, Lurah, serta perwakilan camat se- kota Banjarmasin itu, mereka diharapkan dapat mengetahui dan memahami secara lebih mendalam mengenai aplikasi Sidin Baiman beserta IKM yang ada terdaftar di wilayah masing-masing.

Ia menambahkan, jika ada IKM yang belum terdaftar, mereka dapat segera dimasukkan ke dalam sistem ini.”Jadi, agar setiap pemimpin wilayah memiliki informasi yang lengkap tentang jumlah IKM di wilayahnya,” paparnya.

Terakhir, Ir. H. Noorsyahdi juga menekankan soal satu aspek penting dalam program itu, yakni, kemampuan untuk mengatasi masalah (Problem Solving). Menurutnya, hal ini menjadi suatu keterampilan penting yang perlu ditingkatkan oleh para pelaku IKM melalui Sidin Baiman.

“Lewat kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan IKM, besar harapan Banjarmasin akan memiliki generasi yang lebih unggul dan mampu membuat perubahan positif dalam kehidupan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Editor : Fairuz Reza

Pos terkait

banner 468x60