Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Balangan Laksanakan Apel Siaga

Apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara serentak pada Pemilu 2024 oleh Bawaslu Kabupaten Balangan

Wartaniaga.com, Paringin – Tahapan kampanye Pemilu 2024 segera berakhir, untuk itu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Balangan menggelar apel siaga pengawasan masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara serentak, di Ruang Terbuka Hijau Disporapar, Paringin Selatan, Minggu (11/2/24).

Pada apel tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Balangan, Rosmelyanoor, turut mengajak seluruh pengawas pemilu di Kabupaten Balangan baik itu di kecamatan, kelurahan dan TPS untuk meningkatkan koordinasi bersama stakeholder terkait.

Lebih lanjut, Rosmelyanoor menjelaskan bahwa peran pengawas pemilu di hari-hari terakhir kampanye dan masa tenang hingga pemungutan suara sangat penting.

“Keberadaan pengawas pemilu sangat menjadi sorotan bagi banyak pihak mengenai kualitas pelaksanaan kontestasi pemilu,” ujarnya.

Selain itu pula, integritas penyelenggaraan pemilu dan prosesnya akan dinilai berdasarkan beberapa hal yaitu integritas penyelenggara pemilu, integritas proses pemilu dan integritas hasil pemilu.

Sementara itu, mewakili Bupati Balangan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Balangan, Hasmiati, sangat mengharapkan kepada pengawas pemilu untuk dapat menjaga integritas selama pemungutan dan penghitungan suara berlangsung.

Terlebih Hasmiati juga menekankan kepada seluruh pengawas pemilu ketika pada masa tenang agar bisa mengantisipasi potensi terjadinya pelanggaran pemilu dan tetap mengedepankan dimensi pencegahan, namun untuk tetap tidak ragu dalam melakukan penindakan jika terdapat dugaan pelanggaran.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60