Mentan Optimis Dapat Maksimalkan Lahan Rawa di Kalsel

Rikval mendampingi Mentan, Andi Amran Sulaiman saat berada di Kalsel, Kamis (16/11) lalu

Wartaniaga.com, Banjarbaru- Menteri Pertanian ( Mentan), Andi Amran Sulaiman mengaku optimia dapat memaksimalkan lahan rawa yang ada di Kalimantan Selatan ( Kalsel) untuk kesejateraan petani.

Hal ini diungkapkannya di hadapan para ratusan penyuluh pertanian saat berkunjung ke Kalsel,Kamis (16/11).

Menurut Mentan pihaknya akan menyulap lahan rasa seluas 200 ribu hektar di kabupaten Tanah Laut untuk penanaman komoditas strategis dalam menopang produksi nasional.

” Potensi lahan rawa di sana apabila dikelola secara maksimal dapat menghasilkan satu juta ton beras. Adapun upaya yang dilakukan dalam optimasi lahan rawa tersebut bisa melalui rehabilitasi dan selebihnya dibangun menjadi lahan sawah ” jelasnya.

Dikatakkanya, sistem pertanaman lahan sawah rawa di sana umumya satu kali setahun. Untuk itu, ia akan naikkan menjadi dua kali.

” Akan kita bangun tanggul sepanjang sungai, agar tersedia air dan tidak terjadi banjir,” katanya.

Dirnya optimistis dapat membangun dan mengoptimalkan lahan rawa di Kalsel melalui program selamatkan lahan rawa sejahterakan petani.

Diketahui, lokasi tersebut dulunya mengalami kendala yang menghambat pertanaman.
Namun dengan program Serasi, manajemen air ditingkatkan dan memungkinkan pertanaman pada musim hujan, yang sebelumnya sulit karena risiko banjir.

Sementara itu, salah seorang pengusaha muda Kalsel, Rikval Fachruri mengapresiasi langkah yang dilakukan Mentan tersebut.

Rikval menilai ini merupakan langkah yang tepat dan strategis dalam upaya mengantisipasi dampak el nino.

” Luar biasa gerak cepat pak Mentan, selain untuk antisipasi el nino program ini juga dapat menekan impor beras,” kata yang juga mendampingi Mentan saat berada di Kalsel.

Ia yakin langkah tersebut akan mendapat dukungan dari para petani. ” Tujuannya jelas untuk keaejahteraan petani dan kemandirian pangan, pasti petani tidak menolak,” ucap Rikval yang juga kader partai Golkar Kalsel ini.

Editor : Edhy Darmawan

Pos terkait

banner 468x60