DKP3 Balangan Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani

Pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani yang digelar DKP3 Kabupaten Balangan di Banjarmasin, Selasa (7/11/2023)

Wartaniaga.com, Paringin – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani, bertempat di salah satu hotel di Banjarmasin, Selasa (7/11/23).

Plt Kepala DKP3 Balangan Rizkianor Fauzi menyebut, visi misi Pemerintah Kabupaten Balangan adalah meningkatkan perekonomian berbasis pertanian.

“Mudahan-mudahan apa yang diperoleh dari Bimtek ini bermanfaat dan bisa digunakan di kampung halaman, dan memacu semangat kita dalam berusaha di bidang pertanian,”ujarnya.

Dijelaskannya, pemerintah sangat memperhatikan pertanian, dalam dua tahun terakhir ini semua bantuan sarana prasarana yang dialokasikan melalui Dinas Pertanian kepada kelompok tani luar biasa.

Lanjut Rizki, Pemkab Balangan telah membangun 430 jalan usaha tani (JUT). Kemudian, hampir seluruh petani di 8 kecamatan mendapatkan alsintan serta bantuan sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk, dan obat-obatan.

“Hal itu merupakan wujud komitmen Pemkab Balangan untuk meningkatkan kesejahteraan petani Balangan,”katanya.

Untuk itu Rizki meminta bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani dan
menjadikan Kabupaten Balangan mandiri pangan.

“Nantinya Balangan akan menjadi gerbang Ibu Kota Negara. Tidak sedikit tawaran untuk memenuhi kebutuhan beras, sayuran, daging ayam dan sapi,” pungkasnya.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Fairuz Reza

Pos terkait

banner 468x60