10 Pelajar SMP Dapat Kehormatan Jadi Duta Perda Kota Banjarmasin

Wakil Wali Kota Banjarmasin Saat Memberikan Tanda Kehormatan Duta Perda Kepada Salah Satu Siswi

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sepuluh pelajar dari lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Banjarmasin mendapatkan kehormatan menjadi Duta Peraturan Daerah (Perda) Kota Banjarmasin.

Pengukuhan kesepuluh siswa tersebut dilakukan Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor, di Aula SMP Negeri 6 Kota Banjarmasin, Selasa 14/11/2023.

Menurut H Arifin Noor, penunjukan kesepuluh siswa tersebut merupakan hasil pelaksanaan kegiatan sosialisasi tentang peraturan daerah yang dilaksanakan Satpol PP Kota Banjarmasin.

Kegiatan tersebut, jelasnya lagi, merupaka langkah proaktif untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada generasi muda mengenai peraturan-peraturan yang berlaku di Kota Banjarmasin, yang berfokus pada menciptakan keteriban dan ketentraman dalam masyarakat. “Pentingnya edukasi Perda kepada siswa-siswi SMP tak hanya bersumber dari keinginan menjaga ketertiban, tetapi juga dalam upaya mencegah kenakalan remaja. Sejak dini, melibatkan anak sekolah dalam pemahaman perda dapat menjadi langkah awal untuk membangun kesadaran akan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar,” ucap H Arifin Noor.

Dikatakannya lagi, sekolah yang para siswa yang terpilih sebagai duta Perda Kota Banjarmasin tersebut adalah, SMP Negeri 4, SMP Negeri 6, SMP Negeri 7, SMP Negeri 8, dan SMP Negeri 17 Kota Banjarmasin. “Program ini tidak hanya tentang penegakan hukum, melainkan upaya bersama antara Satpol PP, kepala sekolah, guru, dinas pendidikan, dan seluruh lapisan masyarakat. Sinergi ini menjadi kunci keberhasilan dalam membentuk karakter generasi muda yang taat peraturan dan memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan, ketertiban, dan kedamaian,” lanjutnya.

Pemimpin kota berjuluk seribu sungai ini berharap, melalui pendekatan yang melibatkan aparat pemerintahan, tokoh agama, dan para ulama, Kota Banjarmasin berkomitmen untuk menjadikan kota ini sebagai tempat yang bersih, tertib, dan aman. “Upaya bersama ini diharapkan dapat membentuk generasi muda yang mencintai orangtua, agama, dan lingkungan. Kesadaran ini menjadi kunci untuk mencegah terjadinya kerusuhan, menjaga ketertiban masyarakat, dan menghindari kesulitan yang bisa dialami oleh keluarga dan orangtua mereka,” harap H Arifin Noor.

Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut,Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Machli Riyadi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Banjarmasin, Drs. Madyan dan Kasatpol PP Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin serta sejumlah Kepala Sekolah di Lingkungan Pemerintah Kota.

Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60