Pj Bupati HSU Serahkan Piagam Penghargaan untuk Perpustakaan Desa Terbaik

Penyerahan piagam penghargaan saat usai apel di halaman kantor Bupati HSU

Wartaniaga.com, Amuntai-Pejabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Zakly Asswan menyerahkan piagam penghargaan kepada Perpustakaan Desa terbaik Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, di halaman Kantor Bupati HSU, Senin (9/10).

Pada penyerahan penghargaan ini, diserahkan kepada Perpustakaan Pelangi Ilmu Desa Tambak Sari Panji Kecamatan Haur Gading yang sebelumnya telah meraih predikat Inovasi Promosi Layanan Perpustakaan Terbaik 2023, serta Perpustakaan Generasi Cakrawala Desa Tigarun Kecamatan Amuntai Tengah sebagai peraih Inovasi dan Kreasi Pelibatan Masyarakat Terbaik 2023.

Prestasi tersebut diraih pada kegiatan Peer Learning Meeting Nasional di Hotel Alana Convention Center Yogyakarta 19 s/d 22 September 2023 beberapa waktu lalu.

Adapun program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial telah digerakkan oleh Perpustakaan Nasional dengan dukungan dari Bappenas RI sejak tahun 2018, yang merupakan pendekatan pelayanan perpustakaan sebagai komitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan (Dispust) HSU, Karyanadi mengatakan, bahwa Peer Learning Meeting Nasional merupakan suatu langkah Perpustakaan Nasional bersama perpustakaan yang ada di Kabupaten/kota untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pengelola perpustakaan desa diseluruh indonesia.

“Kita bersyukur untuk HSU mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yakni atas nama Muhammad Subhan dari perpustakaan desa tambak sari panji, dan Elsa Maulida dari perpustakaan desa tigarun, yang mana mereka berdua ini mendapatkan penghargaan langsung dari Perpustakaan Nasional.” ucapnya.

Ia menambahkan, Peer Learning Meeting tingkat Nasional tersebut juga ditujukan guna saling berbagi pengetahuan atau pengalaman terkait inovasi hingga keterlibatan masyarakat dalam hal pelaksanaan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Hari ini kita telah menerima ucapan terima kasih dan penghargaan dari bapak Pj Bupati atas raihan yang membanggakan bagi HSU ini,” ujarnya.

Sementara Muhammad Subhan selaku pengelola Perpustakaan Pelangi Ilmu Desa Tambak Sari Panji sebagai peraih Inovasi Promosi Layanan Perpustakaan Terbaik 2023, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga dapat meraih prestasi ditingkat nasional tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah HSU, Dinas Perpustakaan HSU, kepala desa serta aparat desa tambak sari panji yang telah membantu dari berbagai hal sehingga bisa mendapatkan prestasi ini,” tuturnya.

Hal yang sama juga dikatakan Elsa Maulida selaku pengelola Perpustakaan Generasi Cakrawala Desa Tigarun sebagai peraih Inovasi dan Kreasi Pelibatan Masyarakat Terbaik 2023, yang mengaku bersyukur atas raihan prestasi kali ini.

“Tentu semua ini tidak terlepas dari bimbingan semua pihak, salah satunya yakni Dinas Perpustakaan HSU,” pungkasnya.

Reporter : Darma Setiawan
Editor : Aditya

Pos terkait

banner 468x60