HUT TNI ke-78, Danrem 101/Antasari Bacakan Amanat Panglima TNI

Danrem 101/Antasari saat Defile pasukan di acara HUT TNI yang ke-78 (Foto:EDH)

Wartaniaga.com, Banjarbaru – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI setiap tanggal 5 Oktober, menjadi momen penting dimana kepercayaan tinggi masyarakat hingga menjadi garda terdepan bagi NKRI ini.

Pelaksanaan HUT TNI ke-78 ini digelar di Lapangan dr Murdjani Banjarbaru Kalimantan Selatan, pada Kamis 5 Oktober 2023. Sebagai inspektur upacara Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danrem 101/Antasari Ari Aryanto mengatakan bahwa diulang tahunnya yang ke-78 ini, TNI mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Sehingga TNI hadir menjadi garda terdepan untuk bangsa dan NKRI.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua prajurit yang telah menjaga kepercayaan masyarakat, dan amanah dalam menjaga keamanan dan kedaulatan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Peringatan TNI ke-78 ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”, yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen usaha pertahanan Negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa yang lainnya.

“Dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera, tema ini kita angkat karena dalam waktu dekat yaitu Pemilihan Umum serentak tahun 2024,”sambung Danrem 101/Antasari.

Untuk menyikapi kondisi tersebut lanjutnya, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipasi terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman dan damai.

“Menghadapi ancaman kedepan yang semakin luas dan komplek tidak terlepas dari 2 hal yang sangat menentukan yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan,”tambahnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Panglima TNI berpesan ; Pertama tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan mental pada setiap tugas, Kedua ; Pegang teguh amanat Saptamarga sumpah prajurit dan 8 wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ketiga ; Laksanakan komitmen netralitas TNI, ikuti peraturan, pedoman dan perintah yang telah diberikan terkait dalam tahapan pesta demokrasi 5 tahunan dan Keempat ; Jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan Polri, Kementrian, lembaga komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabiltas kemananan nasional.

Dan yang Kelima ; Jaga nama nama baik TNI dimanapun berada, selalu diingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak kepada institusi TNI secara umum.

“Selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan YME , Allah SWT selalu meridhoi setiap langkah pengabdian kita, demi bangsa dan NKRI yang kita cintai bersama. Dirgahayu Tentara nasional Indonesia, TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, ”pungkasnya.

Dalam acara juga diserahkan Tanda Penganugerahan dari Presiden RI Joko Widodo kepada 3 prajurit yang TNI dari perwakilan TNI AD, AL dan AU yaitu Satya Lencana Kesetiaan, Pembagian tali asih, Penampilan prajurit TNI menghadapi kejahatan, Drama kolosal serta demontrasi Para Rider dan Karateka.

Turut berhadir Gubernur Kalimantan Selatan, Forkopimda, Kepala Binda, BNNP, Wali Kota dan Bupati, para Veteran, unsur Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat serta undangan lainnya.

Editor : Eddy Dharmawan

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60