Balangan Masuki Puncak Musim Kemarau pada Agustus dan September

Kepala BPBD Balangan H Rahmi

Wartaniaga.com, Paringin – Sesuai dengan rilis BMKG wilayah Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Balangan saat ini sedang memasuki puncak musim kemarau yaitu pada bulan Agustus dan September 2023.

Hal tersebut diungkap Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi saat ditemui di kantornya, Senin (14/8).

Dikatakakannya, selama dua bulan ini kewaspadaan dan kesiapsiagaan semakin ditingkatkan, karena cuaca panas sehingga berpotensi menimbulkan karhutla dan kebakaran pemukiman.

“Adanya kewaspadaan dan kesiapsiagaan ini guna mengantisipasi sekaligus memitigasi resiko-resiko terjadinya karhutla di Kabupaten Balangan,” paparnya.

Lebih lanjut disebutkannya, saat ini langkah-langkah yang sudah dan sedang dilakukan dalam upaya antisipasi dan kesiapsiagaan ini sudah banyak dilakukan, terakhir BPBD Balangan bersama stakeholder terkait telah mendirikan posko lapangan di Kecamatan Halong.

“Selain itu kami juga gencar berkoordinasi dengan para camat dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi puncak musim kemarau tahun ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat, kemudian kecamatan sampai ketingkat desa agar berperan aktif untuk mencegah terjadinya karhutla.

Reporter : Siti Nurjanah
Editor : Nirma Hafizah

Pos terkait

banner 468x60