Bapenda Kalsel Terus Lakukan Inovasi Tingkatkan PAD Sektor PKB dan BBNKB

Wartaniaga.com, Jakarta– Direktur Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr Hendriawan apresiasi kinerja Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Selatan terus meningkatkan inovasi pengelolaan kesamsatan dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

“Semakin lama harus berinovasi terus karena perubahan regulasi dan karakter wajib pajak ada yang berbagai macam kalangan, baik muda maupun milenial,” ucapnya.

Ia mengatakan sosialisasi harus gencar dilakukan kepada masyarakat agar dapat mengoptimalkan pajak pendapatan daerah dari PKB dan BBNKB.

“Kami juga siap mendukung karena Kalsel ini sangat besar inovasinya,” ujar Hendriawan.

Selain itu, sinergitas antara pembina Samsat nasional yaitu Korlantas,Jasa Raharja dan Kemendagri, begitu pula dengan daerah.

“Inovasi itu ditingkatkan kembali dan harus konsisten jangan sampai Inovasi itu hanya inovasi tapi tidak dilaksanakan,”jelasnya.

Lanjut, sesuai dengan UU No 23 tahun 2014, Pemerintah Daerah boleh berinovasi dalam meningkatkan PAD.

Kepala Bapenda Kalsel, Subhan Nor Yaumil mengatakan inovasi tersebut sudah dijalankan diseluruh Samsat se Kalsel.

“Inovasi-inovasi yang ada juga akan dilakukan penyesuaian, sehingga formula PAD sektor Pajak kendaraan bermotor dapat lebih optimal,” ujar Subhan.

Terkait inovasi seperti Samsat Keliling disamping pengadaan armada dari provinsi,ada sumbangan juga dari kabupaten/kota berupa bantuan hibah mobil layanan untuk Samsat.

“Kabupaten/ Kota mereka sudah membantu mobil layanan tinggal Samsat di daerah saja lagi yang mengatur seperti berkumpulnya orang banyak yakni Car free day melihat ada layanan PKB sambil olah raga bisa bayar pajak,” Imbuhnya.

Editor: Aditya

Pos terkait

banner 468x60