Bank Indonesia Perwakilan Kalsel Gelar Donor Darah

  • Whatsapp
Bimo Epyanto (tengah) Deputi Kpw BI Kalsel

Wartaniaga.com, Banjarmasin – Bentuk kepedulian Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan bakti sosial donor darah di halaman Kantor Perwakilan BI Kalsel Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Sabtu (6/8/2022).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun Bank Indonesia (BI) yang ke-69 dan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Bimo Epyanto mengatakan bahwa penyelenggaraan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian BI Kalsel kepada masyarakat, terutama yang membutuhkan.

“Para peserta donor sendiri, selain internal kami di BI tetapi kami juga mengajak pegawai jasa otoritas keuangan IX, perbankan dan keluarga, insan media dan juga masyarakat umum,”terang Bimo.

BACA JUGA:  Dispora Kalsel Ingatkan Usulan Dana Hibah Tepat Waktu

Awalnya kami tidak ingin melakukan kerumunan orang lanjutnya, yaitu melakukan dengan sistem pendaftaran dan terdaftar sekitar 500 pendonor. Tetapi kami juga tidak bisa menolak masyarakat yang langsung datang dan mendaftar saat pelaksanaan.

“Paling tidak upaya yang kami lakukan ini, bisa membantu ketersediaan darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) perwakilan Banjarmasin Kalimantan Selatan,”tutupnya.

Salah seorang petugas PMI cabang Banjarmasin Taupik mengatakan bahwa keperluan darah untuk setiap hari sekitar 150 Kantong darah yang sudah diproses melalui laboratorium.

“Jadi paling lama 3 jam setelah donor darah atau sebelumnya langsung kami antar ke gudang penyimpanan darah dan selanjutnya akan diteruskan ke Laboratorium sampai darah siap didistribusikan kepada penerimanya,”ujarnya.

BACA JUGA:  Ibnu Sina Terima Bantuan untuk Korban Banjir dari GAPKI dan Borneo Forum Se Kalimantan

Sementara itu, Adi salah seorang pendonor yang juga wartawan pressroom BI ini ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh BI perwakilan Kalimantan Selatan melalui pendaftaran digrup WA.

“Baru pertama saya mendonorkan darah, ada rasa takut melihat jarum yang cukup besar. Tetapi setelah ditusuk jarum tidak begitu terasa, seperti digigit nyamuk,”ujar Adi seraya menikmati snack yang disediakan panitia.

Kegiatan bakti sosial donor darah ini sebenarnya rutin dilakukan BI setiap tahun, tetapi karena adanya hampir 2 lebih tahun pandemi maka baru tahun ini mulai dilakukan lagi .

Editor : Eddy Dharmawan

L

Pos terkait