Sandiaga Uno dan Paman Birin Sepakat, Kegiatan AKI Dorong Terciptanya Lapangan Kerja

Wartaniaga.com,Banjarmasin– Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dampingi Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang dilaksanakan di Duta Mall Banjarmasin Selasa (12/7).

Paman Birin panggilan akrab Gubernur Kalsel dalam kesempatan itu mengungkapkan bahwa pihaknya terus mendorong Kalimantan Selatan untuk melakukan transformasi ekonomi menuju sumber daya terbarukan.


“Saat ini kita tengah berupaya melakukan transformasi sumber daya alam tak terbarukan ke sumber daya terbarukan, seperti sektor pertanian, peternakan pariwisata, UMKM dan yang lainya,” katanya.

Visi itu disampaikan Paman Birin saat meninjau kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2022 yang dilaksanakan dari tanggal 11-13 Juli 2022, di Duta Mall Banjarmasin, Selasa (12/7).

Dalam kesempatan tersebut Paman Birin juga menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Kemenparekraf yang terus mendorong pelaku ekonomi kreatif di Banua.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, AKI adalah program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

Menurut Sandiaga Uno, program Kemenparekraf selaras dengan arah kebijakan Gubernur Kalsel dalam menciptakan lapangan kerja.

“Transformasi ini akan mampu menciptakan lapangan kerja. Kita ingin menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” sebut Sandi.

Karena itu, untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif yang bersanding erat dengan sektor pariwisata, pihaknya selain melakukan pendampingan dan mentoring juga memberikan pelatihan (workshop) agar UMKM semakin tumbuh dan berkembang dengan baik.

Banjarmasin menjadi salah satu tuan rumah ajang kreasi untuk produk-produk kreatif dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) yang berlangsung di 16 kota/kabupaten di Indonesia, jelas Sandiaga Uno.

Editor : Edi Dharmawan
Sumber : Biro Adpim Setdaprov Kalsel

Pos terkait

banner 468x60