TP PKK Kotabaru Gelar Lomba Kreasi Adat Nusantara

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Kotabaru-Tim Penggerak PKK Kotabaru menggelar Lomba Busana Kreasi Adat Nusantara dalam memeriahkan Hut Kabupaten Kotabaru ke-72, di Panggung Utama Siring Laut, Ahad (5/6)

Lomba yang diikuti 17 Pelajar dan 18 Kader PKK Kecamatan di Lingkup Kotabaru ini, merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke-72 dan juga program dari pokja 3 TP. PKK Kotabaru.

Ketua TP. PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana menjelaskan, adanya lomba busana kreasi adat nusantara ini, untuk mengangkat kembali kebudayaan daerah yang sejalan dengan visi misi Bupati dalam memajukan wisata yang ada di Kotabaru.

” Lomba busana kreasi adat nusantara ini, ingin semua masyarakat Kotabaru, terutama bisa kembali mengangkat kebudayaan dan daerah yang banyak, dimana sejalan dengan visi misi Bupati Kotabaru untuk memajukan wisata, “kata Ketua TP. PKK Kotabaru

BACA JUGA:  Korban Sipil Baku Tembak Polisi dan Begal Sapi Tutup Usia

Dan perlu diketahui, yang mana seluruh masyarakat Kotabaru sendiri kaya dengan berbagai etnis, suku, adat, dan budaya yang dimiliki. Berbaur menjadi satu dengan menekankan rasa toleransi satu sama lainnya.

Selain itu, Ketua TP. PKK Kotabaru juga berharap, dengan adanya kegiatan yang banyak menarik antusias anak pelajar ini bisa terus mensosialisasikan pariwisata yang ada di Kotabaru sehingga bisa bersaing dengan Kabupaten lainnya.

Sementara itu, Hj. Kathrin Ambasari pengamat mode dan kecantikan banjarmasin post 2013 mengatakan, perlombaan busana kreasi adat nusantara ini sangar inspiratif dan memukau dengan antusias dari peserta.

” Sangat terkejut dengan antusias peserta yang mengikuti lomba ini, dan juga sangat inspiratif dan memukau, adapun untuk penilaian yang kita nilai meliputi kreasi, perform dan nantinya baju adat ini bisa dikenakan diacara wedding”, tuturnya.

BACA JUGA:  Hj Anisah Harapkan Kontingen FASI HSU Raih Juara Umum

Saat penampilan para masing-masing peserta menampilkan gaya terbaiknya dalam memperagakan busana kreasi adat nusantara yang mereka kenakan, ada berbagai macam busana daerah yang dipakai peserta diantaranya busana adat Banjar Kalimantan Selatan, Busana etnik Dayak, busana khas Bali, Jawa, Bugis dan Palembang, yang dikreasikan dengan tetap membawa ciri khas kedaerahannya.

Adapun untuk pemenang atau juara 1 lomba busana kreasi adat nusantara tingkat pelajar diraih oleh Rizki Amelia dengan mengenakan busana adat bali, sedangkan untuk kategori kader TP. PKK diraih oleh Kecamatan Kelumpang Hilir yang juga mengenakan adat Bali.

Reporter : Anaq
Editor : Aditya

Pos terkait