Tingkatkan Kualitas Pengajar, SMA Sabilal Muhtadin Gelar Lokakarya

  • Whatsapp
L

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Dalam rangka persiapan IKM Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) SMA Sabilal Muhtadin laksanakan lokakarya/workshop untuk tenaga pengajar, Sabtu(18/6).

Adapun lokakarya yang dilaksanakan setiap tahun mengusung tema Merdeka Belajar Mengajar, Berkreasi dan Berinovasi.

Kepala SMA Islam Sabilal Muhtadin, H Selamet Hariadi, S.Pd menjelaskan setelah masa pandemi covid 19 pemerintah khususnya Kemendikbud telah memberikan pilihan dalam menentukan kurikulum.

“Terdapat tiga pilihan kurikulum, Kurikulum 2013 (K13), Kurikulum Darurat (K.13 materi essensial), dan Kurikulum Merdeka,” jelasnya.

Ia mengatakan SMA Sabilal Muhtadin sudah terdaftar di Kemendikbud untuk memakai Kurikulum Merdeka dengan memilih mandiri belajar

Lanjut, Kurikulum Merdeka ada tiga pilihan dalam implementasi, dimulai tahun 2022, dan akhir tahun 2024 semua sekolah sudah harus memakai Kurikulum merdeka.

BACA JUGA:  Nisfuady Optimis JR Undang-Undang Ibukota Kalsel Dikabulkan

Adapun 3 Implementasi kurikulum merdeka sebagai berikut;

Pertama Mandiri Belajar, memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Kedua Mandiri Berubah, memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Ketiga Mandiri Berbagi, memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Dirinya setelah lokakarya tersebut semua guru sudah siap dalam melaksanakan Kurikulum merdeka, dan sudah selesai dalam pembuatan perangkat pembelajaran.

BACA JUGA:  Sistem Antrian RSUD Ulin Dikeluhkan Pasien

Sehingga ketika memasuki tahun ajaran 2023 – 2024 semua sudah menyelesaikan administrasi pembelajaran guru.

Selain itu juga guru diharapkan bisa berinovasi dan bekreasi dalam Kegiatan belajar mengajar, perlu adanya kreativitas dan ide ide untuk mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan siswa.

Editor: Aditya

Pos terkait