Pemerintah Bersama PT Adaro Siap Cari Solusi Banjir Balangan dan Tabalong

  • Whatsapp

Wartaniaga.com, Banjarmasin- Sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong datangi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Adapun kedatangan Kepala Desa terkait sejumlah wilayah di Kabupaten Balangan dan Tabalong sering alami musibah kebanjiran.

Rapat Dengar Pendapat (RDP), di buka Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK dan dihadiri dinas ESDM, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, dan PT Adaro Indonesia.

Perwakilan kepala desa dari Tabalong Faudin, menyebutkan banjir ini sudah lebih kurang 5 tahunan dialami warga, sehingga  tidak bisa memanfaatkan lahan untuk pertanian dan perkebunan.

“Upaya sudah dilakuan warga desa dengan membersihkan sungai, namun tidak mununjukan hasi. Karena banjir masih terjadi dengan ketinggian di lahan pertanian mencapai 50 sampai satu meter,” bebernya.

BACA JUGA:  JOTA JOTI Pramuka Sarana Komunikasi Jarak Jauh Antar Anggota

Pihaknya berharap DPRD Kalsel dapat dicarikan solusi, sehingga warga beberapa desa di kabupaten Tabalong dapat beraktivitas sebagaimana 6 tahun lalu.

Sejumlah desa yang hingga saat ini masih terendam di wilayah Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong, yakni Desa Lajar, Desa Papuyuan, Desa Matang Hanau, Desa Mundar dan Desa Pampanan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK memastikan sungai harus dikeruk dan dtambah atau d buka kanal kanal baru sehingga air cepat mengalir.

Pos terkait